Duta Genre Dapat Jadi Role Model Teladan Remaja Kota Bandung

Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2022 di Hotel Horison, Bandung, Minggu 5 Juni 2022

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap Duta Generasi Berencana (GenRe) menjadi teladan dan role model bagi remaja di Kota Bandung.

“Menjadi Duta genre punya tanggung jawab besar. Harus menjadi agen generasi remaja yang sehat untuk mengajak kawan sebaya agar memiliki mindset remaja yang penuh perencanaan, serta motivator dan keteladan bagi teman sebaya” kata Yana saat menghadiri Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2022 di Hotel Horison, Bandung, Minggu 5 Juni 2022.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menunjukkan, dari total sekitar 2,5 juta penduduk Kota Bandung, sekitar 11 persen atau 287 ribu di antaranya adalah penduduk dengan usia 10-24 tahun.

Baca Juga:  Tingkatkan Kepatuhan, BPJS Ketenagakerjaan Sepakat Teken Kerjasama dengan Polri

Untuk itu kata Yana, tingginya persentase penduduk usia remaja tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dan karakter.

“Mereka inilah calon-calon pemimpin bangsa yang akan ikut menjaga mimpi indonesia emas 2045 menjadi kenyataan sehingga generasi produktif ini harus dijaga bukan dari kuantitasnya saja tapi juga kualitasnya,” katanya.

Yana mengatakan, Kota Bandung merupakan kota metropolitan dengan masalah kependudukan yang kompleks.

Saat ini, identifikasi pemerintah sendiri terhadap masalah yang menghantui kaum remaja ‎yakni pernikahan dini, seks bebas dan bahaya Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

“Mengantisipasi masalah tersebut, kita bersyukur karena sudah banyak upaya pemerintah. Salah satunya melalui pemilihan duta Genre. Semoga menjadi sumber inspirasi membangun remaja Kota Bandung,” kata Yana

Baca Juga:  NU Sejak Awal Ikut Aktif Berantas Korupsi dari Perspektif Islam

Yana berharap ajang pemilihan duta Genre ini bukan semata sebagai tempat untuk berkompetisi dan meraih titel semata.

Namun, turut membangun kesadaran tentang pentingnya menata masa depan dengan berbekal pemahaman dan kualitas kepribadian yang positif.

“Saya harap para duta GenRe agar menjaga amanah ini dengan sebaik- baiknya. jangan diam setelah terpilih, langsung aksi,” ucapnya.

“Sasar sekolah-sekolah dan kampus dan buat propaganda agar semakin banyak remaja sebaya paham dan menyadari menjadi remaja berkualitas itu seperti apa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Andri Darusman mengungkapkan, pemilihan duta genre merupakan acara tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2009.

Baca Juga:  Yaqut Cholil Bandingkan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, Uu Ruzhanul Ulum: Tak Elok, Mendag Harusnya Lebih Bijak

Tahun 2022 ini, pemilihan duta GenRe Kota Bandung diikuti 82 pendaftar dari 30 kecamatan. Para pendaftar tersebut diseleksi sampai dipilih 20 remaja terbaik.

“Selama 3 hari para peserta diberi pembinaan dan pemateri serta melaksanakan unjuk bakat dan inovasi. Setelah itu dipilih 6 pasang terbaik sampai 3 pasang terbaik,” ujarnya

Menurutnya, pemenang Duta GenRe Kota Bandung akan diikutkan pada pemilihan duta GenRe tingkat Jawa Barat. “Mudah-mudah bisa sampai ke tingkat nasional,” ujarnya.