Ema Sumarna Tekankan Kunci Utama Penanganan Stunting Adalah Keluarga!

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan bahwa keluarga merupakan kunci utama dan elemen terpenting dalam penyelesaian masalah gangguan tumbuh kembang pada anak lantaran kurang asupan gizi, infeksi berulang, serta stimulasi psikososial yang tidak memadai (stunting).

“Keluarga secara teori organisasi terkecil, tetapi saya lihat fungsi peran keluarga sangat besar. Karena keluarga jendela masa depan kita pertama menjaga rumah tangga dan melanjutkan keturunan. Keluarga menjadi kunci utama meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Jangan pernah menyepelekan harmoni keluarga, karena mampu meningkatkan kualitas SDM,” kata Ema di Bandung, Sabtu (16/7/2023).

Baca Juga:  Heboh! Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan di Pinggir Rel Cicurug Bata Tasikmalaya

“Untuk itu, Pemkot Bandung berupaya mengedukasi masyarakat dengan menyosialisasikan optimalisasi fungsi-fungsi keluarga, penerapan hidup sehat, serta pemenuhan gizi dan nutrisi untuk pencegahan stunting,” tambahnya.

Baca Juga:  Ini Strategi Pemkot Bandung untuk Pulihkan Ekonomi di Kawasan Alun-alun

Di Kota Bandung, lanjut Ema, angka stunting berhasil diturunkan dari 26 persen menjadi 19 persen pada tahun 2022 yang juga berkat berbagai gerakan dan fasilitas yang disediakan di setiap wilayah.

Baca Juga:  Izin Operasional 54 Perusahaan Tambang di Jawa Barat sudah Habis

“Hal tersebut tentu hasil kolaborasi dan inovasi yang telah dilakukan pada setiap perangkat daerah bersama dengan pihak-pihak terkait,” bebernya.