Flyover Padasuka Cimahi Beroperasi, Atasi Kemacetan Di Jalur Ini

JABARNEWS | CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna bersama Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, meresmikan penggunaan jembatan (Flyover) Padasuka, Senin (22/10/2018).

Dibangunnnya Flyover Padasuka itu bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Kota Cimahi. Flyover itu dibangun sejak Desember tahun 2016 itu laik dilalui.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, mengatakan, flyover memberi kemudahan akses bagi masyarakat dari Padasuka menuju Jalan Warung Contong atau sebaliknya.

“Warga yang akan menuju Warung Contong tidak akan terlalu memutar ke Gandawijaya dulu,” kata Ajay, dikutip pikiran-rakyat.com.

Baca Juga:  Masyarakat Lunasi Hutang Kades, Mobnas Desa Dikembalikan

Ajay menyebutkan, fasilitas penunjang Flyover Padasuka memang belum sempurna. Namun, kata Ajay, dia sudah menugaskan dinas terkait untuk melakukan peningkatan fasilitas penunjang, terutama jalan.

“Ruas (jalan) Usman Dhomiri masih sempit, saya sudah minta diperlebar. Ada juga pelebaran di area Padasuka ini, termasuk penerangan jalannya. Ada tiang listrik yang agak ke tengah posisinya, nanti kita minta PLN untuk dimundurkan,” katanya.

Baca Juga:  DPP Tunjuk Didik Mukrianto Jadi Plt Ketua DPD Kepri, Ini Kata Demokrat Jabar

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Ruswanto, mengatakan, hasil evaluasi selama 5 hari, di Flyover Padasuka terjadi peningkatan arus lalu lintas walau belum signifikan.

“Sudah ada peningkatan arus lalu lintas meski tidak signifikan. Pasalnya, perlintasan sebidang kereta api juga belum ditutup sehingga kalau disana sudah permanen tutup maka pengendara bakal melintas ke flyover,” ucap Ruswanto.

Jika terjadi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan, lanjut dia, disiapkan konsep rekayasa lalu lintas di akses menuju flyover yaitu pertigaan Cisangkan.

Baca Juga:  Balai Kota Bandung Kebakaran, Ridwan Kamil Ucap Begini

“Akan ada rekayasa arus lalu lintas, nanti kami koordinasi dengan Satlantas Polres Cimahi untuk penerapannya,” katanya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, mengatakan, keberadaan flyover harapannya bisa mengurai kepadatan di Gatot Subroto dan rel KA Dustira/Baros.

“Dengan sudah diresmikannya jalur ini, masyarakat jangan ragu lagi melintasi flyover ini,” tandasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat