Fosil Hewan Purba Berusia Jutaan Tahun Ditemukan di Sumedang, Ternyata Seekor…

Fosil Kura-kura purba berusia jutaan tahun ditemukan di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. (Foto: Kompas).

JABARNEWS | SUMEDANG – Fosil Kura-kura purba berusia jutaan tahun ditemukan di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Fosil hewan purba Kura-kura itu ditemukan oleh Tim peneliti gabungan dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Balai Arkeologi Bandung, dan Badan Geologi dan Paleontologi Kementerian ESDM saat melakukan penggalian di kawasan konservasi Fosil Purba.

Baca Juga:  Kronologi Tewasnya Pria Paruh Baya saat Sedang Mengayuh Becak di Sumedang

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbudpora Kabupaten Sumedang Mohamad Budi Akbar mengatakan, temuan sejumlah fosil kura-kura purba tersebut merupakan patahan dari hewan purba yang diprediksi berumur jutaan tahun.

Baca Juga:  Bendungan Cipanas Sumedang Tuntas, Basuki Hadimuljono: Untuk Irigasi Pertanian

“Dari sejumlah temuan tersebut, arkeolog juga menemukan batu berukuran besar. Kami menduga ini merupakan fosil kura-kura purba,” kata Budi dikutip JabarNews.com dari Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor Masih Rendah, Baru 41,33 Persen

Dia menyampaikan, selain menemukan fosil kura-kura purba berukuran besar, tim peneliti juga menemuian fosil dari hewan purba. Di antaranya, gigi buaya, dan patahan tulang gajah moluska.