Gara-gara Ini Warga Jadi Sungkan Buang Sampah Sembarangan

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎ Sejak ada spanduk bertuliskan “Di sini akan dibangun rumah singgah” di pinggir jalan perbatasan Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi dengan Desa Tegal Aren, Kecamatan Ligung, warga tidak berani lagi untuk membuang sampah di tempat itu. Padahal, sudah beberapa tahun lamanya, dua warga di dua kecamatan itu selalu membuang sampah ke sana.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Sebut Kedisiplinan Prokes 3M Pengaruhi Sektor Ekonomi

Salah seorang pengendara motor, yang hampir setiap hari lewat ke jalan ini, Adi (34), mengatakan, pihaknya kini tidak perlu mengeluh lagi. Kini, bau tidak sedap itu sudah menghilang dan sampah yang bertumpuk itu sudah tidak ada.

“Baunya hilang, bersamaan dengan tidak adanya sampah yang bertumpuk. Jadi ketika lewat jalur ini, kini kita nyaman-nyaman saja. Kalau sebelumnya, mau lewat sini itu, dari kejauhan sudah pasti langsung menutup hidung dari jauh,” ungkapnya, Jumat (10/8/2018).

Baca Juga:  Antisipasi Longsor Susulan, Wisatawan Diminta Jauhi Area Kawah Gunung Galunggung

Warga setempat, Juha (35), mengatakan, spanduk tersebut telah ada di tempat pembuangan sampah selama tiga pekan. Ia sendiri merasa sungkan untuk kembali membuang sampah di sana.

Baca Juga:  Angka Pengangguran Tinggi, Disnaker Kota Bandug Klaim Punya Program Mumpuni untuk Mengurangi Tunakarya

“Setiap pagi ataupun sore hari, saya tidak melihat lagi yang sembunyi-sembunyi buang sampah ke tempat itu. Saya jadi malu sendiri untuk buang sampah di sana. Saya jadinya buang ke tempat lain saja. Syukurlah kalau itu mau dibangun rumah. Sehingga kalau malam hari bisa ramai,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat