Gempa Guncang Cianjur Selatan, BPBD: Kami Masih Melakukan Pendataan

Ilustrasi, Gempa Bumi, (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, kirim petugas dan relawan untuk memantau titik rawan bencana alam longsor dan pergerakan tanah di sejumlah kecamatan, setelah Cianjur sempat diguncang gempa 3,0 magnitudo.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Labis mengatakan gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar lokal tersebut berpusat di 6.99 lintas selatan dan dan 107.16 bujur timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 kilometer tenggara Cianjur, dengan kedalaman 5 kilometer.

Baca Juga:  Kepala BNPB Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Humbahas, Begini Ini Katanya

“Meski tidak terlalu besar guncangannya di sejumlah kecamatan seperti Cibeber, namun cukup membuat panik warga. Kami masih melakukan pendataan dan pengawasan terkait dampak dari gempa yang terjadi. Hingga sore belum ada laporan kerusakan atau dampak gempa lainnya,” katanya Senin 20 Desember 2021.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 3.5 Guncang Nias Selatan

Petugas bersama Relawan Tangguh Bencana (Retana) masih melakukan pengawasan dan pendataan di lapangan terkait gempa yang terjadi selama beberapa detik tersebut, karena getaran yang cukup keras dirasakan di Kecamatan Cibeber yang masuk dalam wilayah rawan bencana longsor dan pergerakan tanah.

Baca Juga:  Awal Tahun 2024, Bener Meriah Diguncang Gempa Bumi