Gubernur Jabar Minta Bupati dan Walikota Pantau Warga Yang Bepergian ke Luar Negeri

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bersama Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan Duta Pasar Rakyat Jabar, Atalia Praratya Kamil di Kantor Kecamatan Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

Kang Emil menambahkan, saat ini seluruh warga yang terkonfirmasi Omicron telah dikarantina. Sementara 4 terduga Omicron dari Kabupaten Bandung juga menjalani isolasi.

“Kami juga terus lakukan tracing, kita yakini ini dari perjalanan luar negeri. Kuncinya, Omicron menularnya cepat. Tapi daya fatalitasnya enggak separah delta. Khawatir boleh, tapi tetap waspada saja. Jabar masih aman terkendali. Penduduk Jabar ada 50 juta, Omicronnya baru 4 di level lokal. Masih aman,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Masyarakat Purwakarta Lakukan Tradisi Ziarah Kubur

Ditempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron, langkah-langkah strategi yang selama ini sudah diterapkan harus terus kembali diperkuat secara masif.

Baca Juga:  Impian Warga Desa Wanawali Miliki Jalan Bagus Terwujud Lewat TMMD ke-113 Kodim 0619 Purwakarta

“Diantaranya, penegakan protokol kesehatan, penguatan testing, tracing, dan isolasi terpusat, akselerasi vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak serta mempersiapkan segala kebutuhan rumah sakit dan obat-obatan untuk antisipasi hal terburuk,” tutur Ambu Anne sapaan akrab Bupati Purwakarta itu.

Baca Juga:  Hubungan 'Unik' Jawa Barat-Gyeongsangbuk-Do Segera Diresmikan

Ia menambahkan, jajarannya juga akan melakukan berbagai upaya lainnya agar virus Omicron ini tidak menjangkit warga Purwakarta, seperti meningkatkan kembali pengawasan hingga tingkat RW dan RT mengenai pengawasan protokol kesehatan warga.