Gus Halim: Desa Wisata Jadi Ikon Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim. (Dok. Kemendes PDTT)

JABARNEWS | MAGETAN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengungkapkan, fokus pemerintah adalah percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Menurut Gus Halim, salah satu upaya untuk membantu mempercepat ekonomi nasional di level desa adalah dengan cara menggerakkan BUMDes dan BUMDes Bersama serta Desa Wisata.

Baca Juga:  Mengunjungi Lebak Muncang, Kampung Wisata Paling Keren di Bandung

“Salah satu yang menjadi ikon untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional adalah Desa Wisata yang dikelola oleh BUMDes,” ungkap Gus Halim saat menyalurkan bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung Pengembangan Objek Wisata Desa di Desa Genilangit, Magetan, Jawa Timur, Sabtu 18 Desember 2021.

Baca Juga:  Tren Omicron Naik, Ridwan Kamil Cek Fasilitas RSUD Kabupaten Bekasi

Masih dalam rangka percepatan ekonomi nasional tersebut, sepanjang 2021 Kemendes PDTT telah memberikan bantuan pengembangangan obyek wisata dan amenitas wisata di 156 desa di 94 Kabupaten 28 Provinsi.

Baca Juga:  Disparbud: Pengembangan Wisata Jabar Selatan akan Libatkan BUMDes

Kemendes PDTT juga sedang menyiapkan aplikasi untuk membantu promosi wisata desa di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, calon wisatawan baik dalam maupun luar negeri dapat mereview dengan detail desa wisata di Indonesia.