Terpesona Desa Wisata Genilangit, Gus Halim: Hasil Kerja Sama BUMDes dan Perhutani

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim. (Dok. Kemendes PDTT)

JABARNEWS | MAGETAN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim terpesona dengan keindahan desa wisata Genilangit yang menyajikan keindahan alam di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Rabu 7 Desember 2022

Destinasi wisata Genilangit merupakan mahakarya BUMDes yang bersinergi dengan Perhutani, memanfaatkan keindahan alam di lereng Lawu. Saat ini telah berhasil memikat ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

“Ini hasil kerja sama antara BUMDes dengan Perhutani, ini luar biasa banget, alamnya indah dan sejuk,” kata Gus Halim di sela kunjungannya ke Genilangit, Magetan, Sabtu 18 Desember 2021.

Baca Juga:  Urban Village Telkom: Mengupas Keunikan Kampung Tajur Purwakarta

Menurut Gus Halim, Genilangit adalah salah satu potret pengembangan desa wisata yang sesuai dengan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis Budaya Desa Adaptif. Tanpa meninggalkan kearifan lokal desa, Genilangit berhasil bersolek menjadi wisata yang diminati wisatawan.

Baca Juga:  Video: Keindahan Kebun Teh Taraju Tasikmalaya, Cocok Untuk Melepas Kepenatan

Genilangit juga telah membuktikan pentingnya kolaborasi dalam membangun desa, memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki warga desa, termasuk potensi yang dimiliki perempuan desa, pemuda desa, serta pihak lain di luar desa, termasuk mitra pembangunan desa.