Hendak Dijual, Enam Ekor Sapi Milik Warga Majalengka Ini Malah Terpapar Penyakit PMK

Ilustrasi Pencegahan Penyakit PMK. (Fotot: Dok Kementan)

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sedikitnya enam ekor sapi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terpapar penyakit kutu dan mulut (PMK). Hal ini diketahui setelah petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka melakukan pemeriksaan.

Informasi yang dihimpun, virus yang menyerang hewan ternak itu ditemukan di Blok Pancureundang Tonggoh, Kelurahan Babakan Jawa, Majalengka.

Baca Juga:  APK Caleg Purwakarta Dipaku Di Pohon, Ini Merusak Lingkungan

Pemilik sapi, Rosadi membenarkan kabar tersebut. Menurut pria berusia 52 tahun itu, hewan peliharaannya itu terjangkit dari salah satu sapi yang baru dibelinya beberapa hari yang lalu.

Baca Juga:  Hari Jadi Polantas ke-66 di Purwakarta, Begini Pesan AKBP Suhardi Hery Haryanto

“Sekitar 11 hari yang lalu saya beli 1 sapi dari bandar, nah saya juga menduganya sapi itu yang pertama menularkan,” kata Rosadi dikutip dari Detik.com, Sabtu (28/5/2022).

Menurutnya, sapi miliknya itu baru diketahui terpapar virus PMK setalah petugas kesehatan hewan melakukan pemeriksaan di kadang sapi miliknya.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Pengecoran Jalan di Babakan Tasik Kutawaringin Mande Cianjur

“Ketahuannya itu pas hari Senin (23/5) ada dari dinas ke sini sama dokter hewan, setelah diperiksa sapi saya katanya kena virus. Yang kena itu indukan sapi 2 ekor, anak sapi 2 ekor dan pejantan 2 ekor,” ujar dia.