Hernanda Jalan Kaki Keliling Indonesia, No Problem

JABARNEWS | MAJALENGKA – Hernanda Saldy Ramadhan punya tekad kuat untuk keliling Indonesia. Namun, pemuda 30 tahun warga Banjarmasin, Provinsin Kalimantan Selatan itu melakukan hal yang unik untuk mewujudkan keinginannya itu. Yakni, berkeliling Indonesia dengan berjalan kaki.

Minggu (5/8/2018), ia terlihat berjalan kaki di wilayah Kadipaten, Kabupaten Majalengka hendak menuju ke arah Cirebon. Ia pun tampak ramah ketika ada warga yang memintanya untuk berselfie.

Baca Juga:  Kecelakaan Tunggal di Ruas Tol Cipali KM 75: Gara-gara Sopir Ngantuk, Satu Orang Tewas

Hernanda tampak ramah saat ada warga yang ingin mengajaknya foto bersama, (Foto: Rik/Jabarnews.com)

Dengan hanya membawa sedikit uang dan perbekalan yang minim, tak menyurutkan tekad pemuda kelahiran Banjarmasin 25 April 1988 itu untuk berkeliling Indonesia dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan ia terlihat membawa tas berisi satu stel pakaian, bendera merah putih dan buku catatan.

’’Saya akan coba keliling Indonesia dengan cara jalan kaki. Ini saya sudah sampai di Jawa Barat. Kalau bekal, terus terang saya tidak punya. Namun selalu ada yang ngasih secukupnya dan saya gunakan seefisien mungkin,’’ ungkapnya, Minggu (5/8).

Baca Juga:  Kabupaten Sukabumi Siaga Darurat Kekeringan

Dengan berjalan kaki ini, Hernandi ingin menambah wawasan dan pengetahuan secara langsung di lapangan. Perjalanannya itu dilakukan dengan cukup santai.

’’Banyak masjid dan musala, di sana lah saya tidur. Tentu saya izin dulu ke pengurus DKM, rata-rata mereka mengizinkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dulu Seperti Hutan, Pantai ATP di Serdang Bedagai Kini Sajikan Keindahan Pasir Putih

Sementara itu, warga Kadipaten, Inu mengatakan sangat mengapresiasi yang dilakukan Hernandi. Bahkan ia sempat punya keinginan seperti itu, hanya saja sudah menikah.

’’Saya dukung dan doakan dia semoga bisa keliling Indonesia dengan selamat. Saya sempat mengajaknya ngopi, tapi dia menolak dengan alasan belum waktunya,’’ ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat