Ingin Tampil Muda? Berikut Perawatan Alami Agar Kulit Lebih Cantik

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap orang pastinya memiliki keingin untuk terlihat lebih muda, tak sedikit dari setiap orang rela melakukan banyak hal hanya untuk wajah terlihat awet muda.

Ada berbagai macam cara untuk membuat terlihat lebih awet muda mulai dari menggunakan produk perawatan yang dijual di pasaran hingga memakai bahan-bahan alami. Bahkan hingga rela merogoh kocek lebih dalam demi terlihat awet muda dengan cepat.

Namun sebenarnya banyak cara yang mudah bahkan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam dompet dengan cara alami dan sederhana. Berikut beberapa tips agar telihat awet muda yang dihhimpun dari berbagai sumber serta caranya :

1. Perhatikan Pola Makan. Dikutip dari klikdokter, salah satu cara awet muda yaitu dengan cara memperhatikan pola makan selain dapat menambah bugar badan pola makan juga dapat membuat kulit lebih segar sehingga bisa terlihat lebih awet muda.

Baca Juga:  Festival UMKM, Bangkitkan Ekonomi di Kabupaten Purwakarta

Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat,sebaiknya singkirkan juga makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah.

Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral hingga serat Anda terpenuhi dengan baik.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3. Sudah diketahui secara umum, omega 3 menyediakan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dapat mengurangi inflamasi atau menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, ternyata omega 3 juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Peran kandungan omega 3 terhadap kulit, dikutip dari gooddoctor, salahsatunya membatu untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang terdiri dari sinar ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB) yang terkandung dalam sinar matahari.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Karawang Senin 26 Juni 2023

3. Jauhi Rokok dan Alkohol. Menghindari konsumsi roko dan alkohol merupakan salah satu langkah hidup sehat karena Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari keduanya.

4. Hindari Stres. Dilaporkan alodokter, langkah membuat awet muda yang dilakukan bukan hanya dari sisi jasmani saja tetapi rohani juga perlu dijaga terutama pada kesehatan mental karena mental juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Mulai dari mempercepat proses penuaan hingga resiko penykait jantung efek yang bisa berdampak pada tubuh dan kulit kita oleh sebab itu cobalah mengikuti terapi repleksi atau liburan, hal itu dapat dilakukan untuk mengurangi stres yang dialami.

5. Olahraga Teratur. Olahraga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka dapat mengencangkan otot tubuh dan membuat Anda terlihat awet muda.

Baca Juga:  Viral Warga Bakar Ban di TPU Padang Sidempuan, Ini Penjelasan Polisi

Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu dan dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

6. Rutin Membersikan Wajah. Tips awet muda yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Kebersihan wajah harus benar-benar diperhatikan. Namun, tidak disarankan membersihkan wajah dengan gerakan yang kasar atau penekanan berlebihan.

Gerakan menggosok permukaan kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Kondisi seperti ini, jika berlangsung cukup lama, dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

Penulis: Muhammad Amaludin