Ini Keunggulan Bibit Kelapa Hibrida

JABARNEWS | MAJALENGKA – Desa Salagedang, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka cukup terkenal dengan sentra pengembangan bibit pepohonan. Hampir semua jenis pohon dikembangkan dan diperbanyak di wilayah ini. Bibit terbaru yang kini berhasil dikembangkan yakni bibit kelapa hibrida. Pohon kelapa jenis ini diklaim dapat berbuah empat kali lebih banyak daripada pohon kelapa biasa.

Baca Juga:  Terlindas Truk, Pria Asal Tapanuli Selatan Tewas di Batubara

‎Salah seorang pengelola, Kholil, mengatakan, kelapa yang dikembangkan sebetulnya ada dua jenis yakni jenis hibrida dengan kelapa genjah entok. Keduanya sama-sama bisa menghasilkan panen buah kelapa setelah ditanam tiga sampai lima tahun.

“Buah kelapa jenis ini kalau sudah ditanam tiga tahun lebih bisa berbuah dengan lebat, seperti buah mangga. Hasilnya sudah diuji coba atau ditanam di wilayah sentra pembibitan,” ungkapnya, Kamis (5/7).

Baca Juga:  Tatap Pilkada Bandung 2024, Nasdem Jabar Targetkan Kursi Pimpinan DPRD dan Wali Kota

Kholil menambahkan, pihaknya melihat bahwa permintaan buah kelapa setiap harinya cukup banyak. Hal itu terlihat dari banyaknya penjual es kelapa muda atau kelapa yang dijual murni untuk kesehatan tubuh. Sehingga sentra pembibitan mempersiapkan dengan cara pengembangan bibit kelapa unggulan.

Baca Juga:  Kejari Tahan Tersangka Dugaan Korupsi di DPRD Purwakarta

“Untuk investasi masa depan bisa, karena permintaan buah kelapa setiap harinya sangat banyak. Bahkan saya melihat untuk kelapa di wilayah Majalengka sebagian dikirim dari wilayah luar,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat