Ini Yang Dilakukan SMK Bintar Untuk Perkuat Karakter Pelajarnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pendidikan Penguatan Karakter menjadi program utama SMK Bina Taruna (Bintar). Hal ini bertujuan memperbaiki karakter siswa dan siswi agar menjadi pelajar yang berakhlakul karimah.

Kepala SMK Bintar, Sudrajat menjelaskan, bahwa sejak awal dirinya memimpin SMK tersebut, kurang lebih lima bulan lalu, para siswa memang sudah dibiasakan salat dhuha sebagai pembuka kegiatan.

“Sarapan fisik mungkin sudah disiapkan di rumah. Kami melengkapi dengan sarapan rohani,” ujar Sudrajat, Kamis (9/8/2018).

Baca Juga:  Kisah Pilu Pekerja Migran: 14 Tahun Bekerja, Tati Rohayati Kehilangan Arah di Negeri Orang

Dia menuturkan pertama kaidah ilmu yang diperoleh secara material melalui perantara guru, alat peraga mata pelajaran, dan metoda klasikal yang selama ini dijalankan. Sementara yang kedua adalah kaidah ilmu yang diperoleh secara spiritual melalui proses transendensi yang dijalani oleh pelajar di sekolah sehingga melahirkan transformasi energi dalam ruang batin para pelajar.

“Tujuan program shalat dhuha setiap hari Rabu dan Jum’at sebelum masuk pada pelajaran, adalah membentuk karakter sukses siswa-siswi SMK Bintar,” ujarnya.

Baca Juga:  Gandeng Artherapy Center Kemensos Buka Peluang Disabilitas Terjun di Industri Kreatif

Selain itu, lanjut dia, untuk meningkatkan kedisiplinan siswa smk bintar mulai tahun ajaran 2018/2019 memasukan pelajaran tambahan Pendidikan Kedisiplinan dan Karakter (PKK) selama 2 jam pelajaran.

“Para siswa-siswi SMK Bintar akan diberikan pemahaman kedisiplinan dan karakter yang langsung diberikan pemateri dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Sudrajat, di SMK Bintar saat ini, absen guru dan siswa sudah menggunakan finger print.

“Dengan adanya absen finger print kehadiran siswa tiap hari bisa ke rekam siswa yang terlambat, bolos dan tidak masuk sekolah. Hasil print out dari finger print langsung dilaporkan ke orang tua siswa. Finger print ini aman karena dilengkapi kamera pemantau kamera CCTV,” kata Sudrajat.

Baca Juga:  Soal Partisipasi Masyarakat di Pilkada Cianjur, Begini Kata KPU

Dengan demikian, pembinaan karakter disiplin dan pembinaan dengan sentuhan rohani kepada para siswa-siswi.

“Insya Allah pelajar SMK Bintar akan lebih disiplin dan berkarakter, serta jauh dari tawuran,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat