Inilah Keunggulan dan Kekurangan Yamaha Soul GT 115

JABARNEWS | BANDUNG – Pada tahun 2012, Yamaha Indonesia sempat merilis motor matic terbaru yang bernama Yamaha Soul GT secara basisnya, motor ini tidak lagi mengambil versi lama. Sebab, pada model tersebut sudah memakai platform dari Yamaha Mio J. Dengan begitu, mulai dari desain eksterior hingga mesinnya banyak yang berubah.

Tentunya keberadaan Yamaha Soul GT 115 ini memberikan banyak keunggulan dan kekurangan tersendiri. Untuk mengetahui apa saja poin-poin tersebut, simak ulasannya di bawah ini.
Keunggulan Yamaha Soul GT

1. Desainnya sangat Sporty

Keunggulan pertama yang paling mencolok adalah desainnya sporty. Saat peluncurannya, embel-embel GT pada nama Yamaha Soul GT sudah merujuk pada tampilannya. Bahkan, Yamaha mengeklaim desain tersebut mengacu pada sosok muscle car, mobil berotot dari Amerika Serikat. Saat itu, sosok seperti Chevrolet Camaro dan Ford Mustang menjadi inspirasi desain Yamaha Soul GT 115.
Untuk itu panel lampu utama dan sein Yamaha Soul GT dapat menghadirkan siluet yang mirip dengan lampu dan grille muscle car. Selain itu, bentuk sayap dan bodinya juga dibuat dengan sudut meruncing yang menegaskan kesan sporty. Sisi fungsional dari motor ini juga ditunjukan dengan hadirnya rumah kunci. Fungsinya adalah dapat membuka jok dan tombol magnetic lock.

Baca Juga:  Jum'at Keramat, Tiga Pemuda di Karawang Tewas Disambar Kereta Api

Pada motor Yamaha Soul GT 115 ini juga mempunyai bagasi yang tidak dapat menampung helm. Meskipun begitu, bagasi motor ini cukup luas untuk menyimpan jas hujan atau tas selempang ukuran sedang.

2. Mesin yang dikenal Irit.

Pada Yamaha Soul GT 115, mesin yang digunkaan juga irit. Sama seperti Yamaha Mio J, mesin yang diusung oleh Yamaha Soul GT memakai tipe 4-tak SOHC pendingin udara 115 cc. Lalu, motor ini memakai sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Tenaganya sendiri bisa mencapai 7,75 PS per 8.500 rpm dengan torsi 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Mesin tersebut juga dikenal irit berdasarkan klaim dari Yamaha. Berdasrkan klaim konsumsi bahan bakar dari Yamaha bisa mencapai 51,9 km tiap liter. Dengan begitu, motor ini cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga:  Tega! Karena Ditolak Diajak Nikah, Seorang Duda di Bandung Barat Habisi Nyawa Janda Satu Anak

3. Harga Bekasnya Cukup Terjangkau

Meskipun terbilang cukup laris, namun harga bekas dari motor yang beredar selama kurun waktu 2012-2014 ini cukup stabil. Bahkan, harganya sendiri cukup stabil. Jika melihat dari situs jual beli online, harga jual untuk versi pertama keluaran 2012 dimulai dari Rp 4,8 juta. Pada model pertama ini, belum dilengkapi adanya tuas rem belakang dengan parking brake lock.

Sedangkan untuk edisi 2013 ke atas, sudah ada fitur tersebut. Hal itu juga dengan harga jualnya yang sudah berada di bawah Rp 9 jutaan. Rata-rata harga jual sekennya berada di antara Rp 6-7,5 juta. Hal tersebut tergantung pada kondisi motor, pajak, tahun pembuatan dan lokasi penjualannya.

Baca Juga:  Bazar Pakaian Bekas Peduli Sulteng, Laris

Kelemahan Yamaha Soul GT 115

1. Suspensinya Cukup Keras

Kekurangan paling terasa dari Yamaha Soul GT 115 adalah suspensi belakangnya yang terbilang keras. Jangankan untuk yang versi bekas, sejak awal kehadirannya pada 2012 silam peranti penunjang kenyamanan ini sering dikeluhkan penggunanya.
Hal itu karena ukuran suspensi belakang Yamaha Soul GT terbilang kecil. Solusinya bisa dengan mengandalkan kepunyaan Yamaha X-Ride lama atau Honda Beat. Jika ingin sokbreker aftermarket, pilihannya lebih beragam lagi. Seperti KYB Zeto, TDR atau KTC.
Demikian keunggulan dan kekurangan Yamaha Soul GT 115. Semoga informasi ini memberikan manfaat.