Jelang Hari Ibu dan HUT Korpri, DPPKB Purwakarta Lakukan Pelayanan KB Bergerak

DPPKB Purwakarta
Kegiatan Pelayanan KB Serentak Di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jelang Hari Ibu dan sekaligus peringatan HUT Ke-62 Korpri, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menggelar pelayanan KB Bergerak ke seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kepala DPPKB Kebupaten Purwakarta, Yayat Hidayat menjelaskan, KB Bergerak ini bertujuan meningkatkan akses pelayanan KB berkualitas bagi Pasangan Usia Subur (PUS) dan meningkatkan penggunaan kontrasepsi.

Baca Juga:  Momentum Hari Ibu, DP3A Kota Bandung: Perempuan Harus Berdaya dan Berkarya

“Kami juga berfokus pada peningkatan kesertaan KB modern, terutama metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), serta penurunan angka unmet need KB atau PUS yang tidak terlayani,” ujar Yayat, Pada Senin, 27 November 2023.

Ia menjelaskan, KB Bergerak jelang Hari Ibu ini digelar karena merupakan cara untuk menghargai hak perempuan dalam mengendalikan kesuburan.

Baca Juga:  Momen Hari Ini, PKK Cianjur Rayakan Dengan Cara Berbeda

“Banyak manfaat KB bagi Ibu diantaranya, KB dapat melindungi ibu dari gangguan kesehatan reproduksi yang bisa disebabkan karena hamil terlalu muda, terlalu tua atau hamil dalam waktu terlalu berdekatan. Hal ini nantinya dapat meningkatkan risiko preeklamsia atau lahir prematur,” Jelasnya.

Baca Juga:  Hujan Angin, Puluhan Pohon Tumbang di Kota Bogor

Yayat menyebut, tujuan Keluarga Berencana adalah meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.