Meski Peserta KB Alami Peningkatan, Kebanyakan Kaum Pria Masih Takut Gunakan MOP

Akseptor MOP di Kabupaten Purwakarta saat melakukan screening sebelum di menjalani MOP (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Program keluarga berencana (KB) menjadi cara ampuh untuk mengendalikan angka kelahiran. Karena itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta makin gencar menyosialisasikan pentingnya mengikuti KB, khususnya bagi kaum Pria.

Kepala Bidang Keluarga Berencana (Kabid KB) pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Idi Junaedi mengatakan jumlah akseptor KB pria memang meningkat, tapi belum begitu signifikan. Sebab, masih banyak bapak yang takut atau belum siap di Metode Operasi Pria (MOP).

Baca Juga:  Penyidik Sita Uang 350 Juta Diduga Hasil Pemerasan Dua Oknum Tim Pemeriksa BPK Jabar

“Jika dibandingkan dengan perempuan, jumlah pria yang ikut KB memang masih minim. Kebanyakan takut tidak fungsi lagi. Namun kita terus berikan edukasi bahwa MOP itu aman. Dengan begitu partisipasi laki-laki dalam mengikuti program KB melalui MOP meningkat setiap tahunnya,” jelas Idi, saat ditemui di Klinik Wijaya Kusuma, pada Rabu, (19/1/2022).

Baca Juga:  Permudah Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Siloam Purwakarta Luncurkan Home Care

Idi menyebutkan, berbagai upaya terus dilakukan pihaknya untuk meningkatkan program KB melalui pemakaian kontrasepsi bagi pria, sehingga di awal tahun ini sudah ada 12 pria yang sudah di-MOP.

Baca Juga:  Pemandangan Alam Jadai Daya Tarik Bukit Pamoyanan, Berikut Harga Tiketnya

“Hingga kini, jumlah akseptor MOP di Kabupaten Purwakarta mencapai 985 orang. Kami berharap jumlah peserta MOP (KB pria) bisa terus bertambah di Kabupaten Purwakarta,” jelasnya.