Jembatan Otista Bogor Mulai Beroperasi Selasa Besok, Diklaim Tahan hingga 100 Tahun

Jembatan Otista di Kota Bogor saat sebelum dibangun
Jembatan Otista di Kota Bogor saat sebelum dibangun. (foto: istiemewa)

Pembukaan kembali Jembatan Otista diharapkan dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas di wilayah tersebut. Jembatan ini memiliki peran strategis dalam menghubungkan berbagai bagian Kota Bogor.

Dengan selesainya proyek renovasi dan pembukaan kembali, diharapkan mobilitas masyarakat di sekitar jembatan dapat berjalan dengan lebih lancar.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengklaim bangunan baru Jembatan Otista memiliki estimasi umur hingga 100 tahun.

Baca Juga:  Dampak Seburan Air Campur Gas, Puluhan Warga Desa Pasirlaja Bogor Dievakuasi ke Tempat Aman

Menurut Rena, konstruksi baru jembatan ini diklaim dirancang dengan perhitungan matang, termasuk ketahanan terhadap beban dan getaran, sehingga dapat bertahan sepanjang waktu seperti bangunan lama dari masa pemerintahan kolonial ratusan tahun yang lalu.

“Estimasinya itu, jembatan itu (tahan) 80 sampai 100 tahun. Nanti paling pun ada perbaikan-perbaikan railing, atau apalah. Tapi kalau jembatannya sudah didesain (tahan) 80 sampai 100 tahun,” kata Rena saat acara tasyakuran jembatan pada Sabtu (17/12).

Baca Juga:  Pondok Modern Darussalam Muhammdiyah Dibangun di Purwakarta

Rena menambahkan bahwa keputusan untuk mempertahankan pelengkung jembatan dari masa kolonial Belanda diambil melalui musyawarah dengan berbagai pihak.

Pelengkung tersebut telah menjadi penopang Jembatan Otista selama ratusan tahun, dan kini menjadi objek wisata baru di Kota Bogor. Keberlanjutan warisan sejarah ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi keindahan dan daya tarik kota. (red)

Baca Juga:  Tak Ingin PPDB 2024 Kembali Ricuh, Komisi IV Minta Disdik Kota Bogor Lakukan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News