Job Fair Disnakertrans Jabar 2023 Sediakan 2.000 Lowongan Kerja

Disnakertrans Jabar
Kepala Disnakertrans Jabar Taufik Rahmat Garsadi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (7/12/2022). (Foto: Rian/JabarNews).

“Tentunya apabila dibandingkan dengan data pada tahun lalu, pengangguran di Jawa Barat turun sebanyak 0,46 persen. Namun demikian angka tersebut masih terbilang tinggi apabila dibandingkan dengan provinsi lainnya,” bebernya.

Tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Jabar, lanjut Taufik, adalah selain karena jumlah penduduk Jabar yang cukup banyak (49,4 juta orang) dan arus migrasi ke Jabar yang cukup tinggi, selain itu pertambahan jumlah angkatan kerja pun tidak seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

Baca Juga:  Gus Menteri Dapat Pujian Dari Ganjar Pranowo Soal SDGs Desa

Para pencari kerja yang akan mencari kerja di Job Fair Disnakertrans Jawa Barat Tahun 2023, terlebih dahulu harus mendaftarkan diri di aplikasi Si-Juara atau Sistem Informasi Jaringan Warga Jawa Barat.

Baca Juga:  5 Santriwati di Cianjur Diduga Jadi Korban Pelecehan Ketua Yayasan, Polisi Turun Tangan

Aplikasi ini adalah salah satu inovasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang memberikan berbagai macam pelayanan ketenagakerjaan, diantaranya asessment center meliputi tes kepribadian secara gratis, training center yang menyediakan berbagai informasi pelatihan dan ‘job bank’ atau informasi pasar kerja.

Baca Juga:  Fraksi-fraksi di DPRD Jabar Tanggapi Pertanggungjawaban APBD 2021, Begini Katanya

“Tentunya saya menghimbau kepada para perusahaan dan pencari kerja untuk tidak ragu menggunakan aplikasi ini, karena selain sudah terintegrasi dengan aplikasi Sapa-Warga, penayangan informasi lowongan kerja melalui Si-Juara sama sekali tidak dipungut biaya, dengan kata lain gratis,” jelasnya.