Kabar Baik, Empat Desa di Kabupaten Cirebon Dapat Bantuan BUMDes Mart

JABARNEWS I CIREBON –  Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di Desa. Salah satunya adalah, bantuan BUMDes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih di Kabupaten Cirebon.

BUMDes Mart ini, merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa, dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi mengatakan, bahwa empat desa tersebut, merupakan desa terpilih dari 412 desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Soal Ledakan Suara PSI, Rommy PPP Keheranan: Tak Masuk Akal!

“Untuk tahun ini, ada empat desa yang difasilitasi BUMDes Mart, yaitu Desa Bobos, Desa Jatipancur, Desa Kebon Turi dan Desa Hulubanteng,” katanya. Jumat (27/11/2020).

Dijelaskan Imron, ada beberapa kriteria yang membuat empat desa ini terpilih untuk mendapatkan bantuan BUMDes Mart, yaitu ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir, ketaatan administrasi, kepengurusan BUMDes dan kelayakan usaha BUMDes.

Baca Juga:  Waduh! 19 Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Depok Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Tidak semua desa mendapatkan bantuan BUMDes, karena ada beberapa syaratnya,” kata Imron.

Usaha yang dilakukan dalam BUMDes ini, bukan hanya pada penjualan barang pokok dan produk milik masyarakat saja, namun juga melayani sejumlah pembayaran lainnya, seperti pajak.

Baca Juga:  Parah! Pasangan Sejoli Berseragam Putih Abu-abu Mesum di Makam Daerah Banjarsari Ciamis

“BUMDes Mart ini juga melayani transaksi non tunai,” ujarnya.

Imron berharap, desa yang mendapatkan bantuan BUMDes Mart ini nantinya bisa menjalankannya dengan profesional dan bisa menjaga kualitas dari produk yang dijualnya. Sehingga nantinya, BUMDes Mart ini bisa bersaing juga dengan mini market yang sudah profesional.

“Desa yang mendapat bantuan BUMDes harus profesional, kualitas terjamin dan harga standar,” ucapnya. (Arn)