Kabel di Kota Bandung Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah, Yana Mulyana Bilang Begini

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menurunkan kabel udara fiber optik. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai menurunkan kabel udara fiber optik yang selama ini seliweran di atas jalan. Kini, kabel jaringan telekomunikasi dipindahkan ke infrastruktur di bawah jalan atau lebih familiar disebut sistem ducting.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, saat ini sudah tersedia fasilitas ducting di 13 ruas jalan. Untuk eksekusi pertama penurunan jaringan kabel telekomunikasi dilakukan di Jalan Ir. H. Djuanda, yakni mulai dari perempatan Riau sampai ke Simpang Dago.

Baca Juga:  Kata Kang Uu Soal OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Sosok Penggantinya 

Kemudian 12 jalur lainnya terdapat di Jalan RE. Martadinata (Jl. Wastukancana-Jl. A Yani), Jalan Ahmad Yani (Simpang 5-Rel Kereta Api), Jalan Naripan (Jl. Sukarno-Jl. Sunda), Jalan Sudirman (JL. Asia-afrika-Jl. Astana Anyar), Jalan Cibadak (Jl. Otista-Jl. Astana Anyar), dan Jalan Buahbatu (Jl. BKR-Jl. Bypass).

Baca Juga:  Waduh, Separuh Penduduk Cimahi Tak Punya Akta Kelahiran

Selanjutnya di Jalan Moch Toha (Jl. BKR-Jl. Bypass), Jalan Kopo (JL. Peta-Pintu Tol CIpularang), Jalan Wastukancana (Seputar Balaikota, Sisi Balkot), Jalan Aceh (Jl. Wastukancana-Jl. Sumatra), Jalan Jakarta (Seputar Kiara Artha Park, Sisi KAP), Jalan Cibaduyut (Sepanjang trotoar).

Baca Juga:  Begini Alasan Bambang Tirtoyuliono Perpanjang Darurat Sampah di Kota Bandung

“Alhamdulillah selama ini Pemkot sebetulnya sudah punya fasilitas ducting, lubang-lubang untuk kabel di beberapa ruas jalan. Hari ini mulai aktivasi, pertama kita lakukan di koridor Jalan Dago,” kata Yana Mulyana dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Minggu (19/12/2021).