Kabupaten Cianjur Masuk Zona Merah Rawan Bencana, Masyarakat Diimbau Waspadai Banjir dan Longsor

Ilustrasi bencana longsor. (Foto: Dok. JabarNews).

JABAREWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengimbau warga di daerahnya untuk mewaspadai bencana banjir dan longsor.

Imbauan tersebut dikabarkan BPBD mengingat curah hujan yang masih tinggi apalagi Cianjur termasuk dalam zona merah bencana di Jawa Barat.

Baca Juga:  Herman Suherman Anggarkan Pembelian Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas di 2023

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan info dari BMKG cuaca ekstrem akan melanda sebagian besar wilayah Cianjur, mulai dari utara hingga selatan berpotensi terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi selama beberapa hari ke depan.

Baca Juga:  Polda Jabar Tetapkan DPO Sopir Mobil Sedan Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

“Tercatat selama beberapa hari terakhir hujan deras dengan intensitas lebih dari dua jam saat malam, menyebabkan lima kecamatan di Cianjur dilanda bencana alam seperti banjir, longsor dan puting beliung, tidak ada korban jiwa namun puluhan kepala keluarga mengungsi,” Rudi di Cianjur, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga:  Sebanyak 323 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur, Herman Suherman Bilang Ini

Dia menuturkan, penanganan bencana alam di sejumlah kecamatan sedang dilakukan termasuk membuka kembali jalan penghubung antar desa yang terputus akibat tertutup material longsor. Penanganan dilakukan bersama dengan aparat setempat dibantu relawan dan warga sekitar.