Kampanye Di Cirebon, Demiz Minta Perajin Tumbuhkan Minat Generasi Muda Jadi Pembatik

JABARNEWS | CIREBON – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar menghimbau para perajin batik Cirebon untuk menumbuhkan minat generasi muda menjadi perajin batik. Hal itu seiring dengan perkembangan infrastruktur di wilayah pantura yang cukup pesat.

“Jadi perlu ada regenarasi muda pembatik karena kedepannya itu pertumbuhannya akan luar biasa peminatnya, terutama setelah infrastruktur terbuka, termasuk akses keluar negeri. Jangan sampai nanti saat dibutuhkan tenaganya lebih banyak, ga siap. Ya kalau begitu tenaga dari luar akan masuk. Makanya perlu dipersiapkan,” jelas Deddy Mizwar saat melakukan sosialisasi di perajin Batik Trusmi Cirebon, Kamis (8/3/2018).

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor Masih Rendah, Baru 41,33 Persen

Menurutnya, minat generasi muda untuk menjadi perajin batik harus menjadi perhatian para perajin batik Cirebon. Terlebih dengan perkembangan infrastruktur disana, maka para wisatawan pun akan semakin banyak berkunjung ke Cirebon.

“Masyarakat cirebon raya harus bersiap siap menerima banyak kunjungan wisatawan, karena disana pun ada wisata jiarah keraton, wisata budaya dan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut pria yang dikenal dengan sang jenderal Naga Bonar ini pun melihat potensi kerajinan tangan batik Cirebon cukup besar. Hal itu pun seiring dengan perkembangan batik trusmi.

Baca Juga:  Iwan Setiawan: Butuh Rp1 Triliun untuk Bangun Jalan Layang Bojonggede-Kemang

“Kalau lihat perkembangan batik di cirebon mengembirakan, orang taunya batik trusmi, karena itulah begitu ada cipali, cirebon luar biasa pengunjungnya banyak sampai macet di week end, salah satunya karena batik, empal gentong. Salah satu yang menariknya batik trusmi, apalagi orang bisa bulak balik, karena bisa pake tol, dan kereta,” katanya.

Tidak hanya itu saja hal itu pun akan semakin meningkat seiring dengan beroperasinya airport internasional kertajati,sehingga ini bisa terbuka bagi para turis dari mancanegara,

Baca Juga:  Empat Pohon Tumbang Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang di Ciamis, Masyarakat Diminta Hati-hati

“Batik sudah jadi budaya dunia, perkembangannya harus siap. Batik punya nilai ekonomi yang tinggi,” katanya.

Sementara itu terkait dengan sosialisasi di Batik Trusmi, Deddy Mizwar pun sempat mengunjungi workshop pembuatan batik, termasuk belajar bagaimana cara membatik yang baik. Saat itu pun Deddy Mizwar membatik kain bertuliskan Deddy Mizwar 4 Jabar. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat