Kampanye Di Subang, Demiz: Jabar Tidak Butuh Impor Beras

JABARNEWS | SUBANG – Kampanye di wilayah Kabupaten Subang, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar mendapat curhatan dari masyarakat terkait dengan masalah impor beras. Hal itu seiring dengan keresahan masyarakat di lumbung padi Jawa Barat tersebut terhadap kebijakan pemerintah pusat yang berencana melakukan kebijakan impor beras.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Deddy Mizwar pun menegaskan bahwa Jawa Barat tidak membutuhkan impor beras. Terlebih selama ini produksi beras Jawa Barat cukup memenuhi bahkan surplus. Khususnya produksi beras yang berasal dari wilayah pantura.

Baca Juga:  Pagi Ini, Gempa Bumi Guncang Tapanuli Utara dan Mandailing Natal

“Jabar itu gak perlu impor beras, Jabar itu kelebihan 3,4 juta ton. Sehingga kelebihan 3,4 juta ton itu dilempar ke luar daerah jabar,” jelas Deddy Mizwar saat melakukan kampanye di Desa Tambakjati Patokbeusi Kabupaten Subang, Senin (5/3/2018).

Diungkapkannya, selama ini persediaan beras Jawa Barat cukup melimpah. Halitu ditunjang dari wilayah Karawang, Bekasi, Subang dan Indramayu yang menjadi salah satu wilayah lumbung beras Jawa Barat. Belum lagi Jawa Barat pun memiliki wilayah lumbung beras lainya di wilayah Jabar Selatan. Sehingga ketahanan pangan di Jawa Barat cukup kuat.

Baca Juga:  Kepala Daerah dan Pelaku Bisnis Sering Jalankan Praktik Korupsi, Kasus di Kota Banjar Jadi Contoh

“Kemandirian pangan Jawa Barat tidak ada masalah,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, ketahanan pangan harus terus dipertahankan. Bahkan harus diperluas, sehingga tidak tergerus oleh alih fungsi lahan.

“Ketahanan pangan harus terus, minimal lahan pertanian yang berkelanjutan harus dipertahankan, kalau tidak bisa, ekstensifikasi pertanian yang sekarang ini harus dipertahankan dengan tekhnologi pertanian yang semakin meninghkatkan produktifitas. Termasuk juga menambah lahan pertanian. Minimal mempertahankan sudah bagus, karena industri membutuhkan ruang,” katanya.

Baca Juga:  Masyarakat Sekitar Hutan Tak Sejahtera, Walhi Jabar: Ini Pemberdayaan atau Perbudakan?

Sementara itu kampanye pantauan dilapangan, kampanye Jenderal Naga Bonar di Desa Tambak Jati, Patokbeusi Kabupaten Subang, berjalan cukup meriah.

Warga sekitar sangat antusias dengan kehadiran Deddy Mizwar. Bahkan beberapa warga pun sempat hysteris saat bersalaman dengan aktor bang jack di sinetron para pencari tuhan ini. Warga pun berfoto bersama dengannya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat