Kasus Kembali Alami Kenaikan, Kemenkes Minta Prokes Kembali Diaktifkan untuk Cegah Lonjakan Covid-19

Ilustrasi Kasus Covid-19. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meminta masyarakat mengaktifkan kembali protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan bahwa hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan kasus di dalam negeri karena mutasi Virus Corona terbaru.

Baca Juga:  Menkes Apresiasi Inovasi Pemda Sumedang Soal Ini

“Masyarakat agar aktif kembali memakai masker, terutama untuk orang yang sedang sakit, orang yang kontak erat dengan orang yang sedang sakit, dan apabila kita berada di keramaian dan kerumunan. Tidak lupa jaga kesehatan untuk mencegah kasus kembali naik,” kata Syahril di Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga:  KJRI Toronto Jajaki Tiga Usulan Kerjasama dengan Pemkot Bogor

Dia menjelaskan, peningkatan angka kasus saat ini terjadi di negara tetangga seperti Singapura. Selain itu, negara lain yang juga kembali dilanda Covid-19 adalah India.

Baca Juga:  Banyak ASN Terpapar Covid-19, Begini Langkah Pemerintah Kabupaten Cianjur

Untuk itu, Kemenkes meminta masyarakat agar kembali memakai masker dan menjalani hidup sehat untuk mencegah potensi lonjakan kasus terutama pada golongan lanjut usia dan kelompok yang belum melakukan vaksinasi Covid-19.