Kasus Sifilis di Jabar Melonjak, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jaga Gaya Hidup

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan screening untuk mendata hingga tingkat kecamatan, agar kasus sifilis tidak terus berkembang.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merilis bahwa terjadi peningkatan kasus pengidap sifilis di Indonesia. Bahkan Jabar berada di urutan kedua setelah Papua, dengan 3.864 kasus positif.

Baca Juga:  Soal Bom di Polsek Astanaanyar: DPRD Jabar: Kami Kutuk Keras Aksi Terorisme

“Kasus sifilis ini kita melakukan beberapa tindakan, satu kita memerintahkan melakukan screening sampai ke level kecamatan, kepada populasi kunci dan ibu hamil. Sehingga kita harapkan, disitu bisa dianalisa dan potensi untuk penurunannya,” kata Ridwan Kamil di Kantor Bappeda, Kota Bandung, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga:  DPRD Jabar Kritisi Kenaikan UMP Jabar 2024: Mereka Kurang Puas!

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari gaya hidup, yang berpotensi besar dapat menularkan penyakit sifilis. Tidak hanya itu, dia turut meminta untuk juga mewaspadai penyakit lain agar tidak ikut tertular.

Baca Juga:  Nobar Hujan, Warga Garut Tetap Semangat Nobar Film Asli Indonesia

“Kedua yang terpenting kepada masyarakat, hindari pola gaya hidup yang punya potensi terpapar kepada berbagai penyakit, tidak hanya sifilis. Penyakit berhubungan dengan seksual misalkan dan lain-lain, itu harus diwaspadai dan diimbau untuk selalu jernih dalam berkomunikasi, bersosialisasi didalam kemasyarakatan,” bebernya.