KCJB Siap Meluncur ke Kota Bandung, Ciroyom dan Gedebage Selatan Segera Berbenah

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Foto: kcic.co.id).

JABARNEWS | BANDUNG – Daerah Ciroyom dan Gedebage Selatan di Kota Bandung akan segera dibenahi menjelang beroperasinya Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Menurut keterangan dari Direktur Prasarana Perkeretaapian, Harno Trimadi mengatakan, jika KCJB ini sudah difungsikan, maka setiap 10-15 menit sekali kereta akan sering melintas di daerah Ciroyom. Padahal, secara geografis, daerah Ciroyom termasuk titik yang padat lalu lintas.

Baca Juga:  BMKG Imbau Warga di Kota Bandung Waspada Bencana Hidrometeorologi

“Ciroyom itu medannya menurun. Kalau durasi kereta yang lewat akan sesering itu, bisa menyebabkan banyak dampak negatif. Rencananya, kami akan membangun flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) di tahun depan,” kata Harno dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga:  Dua Tahun Terhenti, Produk Kelautan dan Perikanan Jabar Kembali Digelar di Kota Bandung

Selain itu, Harno menambahkan, permasalahan di Ciroyom bukan hanya dari faktor medan, tapi juga termasuk daerah rawan banjir. Padahal, kereta api cepat sangat riskan jika melalui titik bajir.

Baca Juga:  Perbaikan Ratusan Kilometer Jalan di Jabar Ditargetkan Rampung di Akhir Juli 2023

“Untuk menangani permasalahan ini, kami juga berencana untuk membuat drainase dengan mencari titik sungai terdekat sebagai tempat pembuangan air berlebihnya,” imbuhnya.