Kebakaran Lahan Seluas 17 Herktare di Cibeber Cianjur Gara-gara Puntung Rokok

Kebakaran Lahan di Cianjur
Ilustrasi kebakaran lahan. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melaporkan bawha kebakaran lahan seluas 17 hektare diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Sebagaimana diketahui, kebakaran lahan itu terjadi di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur selama dua hari sejak Jumat (22/9/2023).

Baca Juga:  64 Klub SSB Rebutkan Piala Pangdam V Brawijaya

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan bahwa kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Gunung Gombong, Desa Peuteucondong, Kecamatan Cibeber, berhasil dipadamkan tim gabungan dengan cara manual karena lokasi sulit dijangkau.

Baca Juga:  Tolak Angkutan Online, Hari Ini Ribuan Sopir Angkot Di Garut Akan Mogok Masal

“Petugas bersama tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, petugas Damkar Cianjur, relawan dan warga sekitar, menggunakan alat seadanya untuk memadamkan api karena mobil pemadam tidak dapat mencapai lokasi,” kata Asep di Cianjur, Minggu (25/9/2023).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Imbau Semua Daerah di Jabar Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

Dia mencatat di lokasi berbeda sudah tiga kali terjadi kebakaran lahan yang diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan, sehingga percikan api membakar padang rumput yang mengering akibat musim kemarau, sehingga pendinginan dilakukan hingga Minggu pagi.