Kerajinan Eceng Gondok PT Bumi Kreasi Jatiluhur Tembus Ekspor Eropa hingga Raih Omset Puluhan Juta

Bumi Kreasi Jatiluhur mengolah eceng gondok dari Waduk Jatiluhur menjadi sebuah kerajinan
Bumi Kreasi Jatiluhur mengolah eceng gondok dari Waduk Jatiluhur menjadi sebuah kerajinan. (foto: istimewa)

Pada awalnya, masyarakat di sekitar Waduk Jatiluhur tidak memiliki keterampilan dalam menganyam. Namun, Bumi Kreasi Jatiluhur melalui pelatihan yang mereka selenggarakan, berhasil memberdayakan lebih dari 20 pengrajin dari Kecamatan Jatiluhur dan Sukasari.

Bumi Kreasi Jatiluhur kini telah menjadi PT perorangan dan memiliki galeri atau loka karya yang terletak di pinggir Waduk Jatiluhur, tepatnya di seberang Jatiluhur Water World.

Baca Juga:  PKB Purwakarta Kenalkan Lima Program Baru, Mulai Pendidikan Gratis hingga Subsidi Listrik

Di dalam galeri ini, pengunjung dapat menemukan beragam produk kerajinan, mulai dari marchandise, produk fashion, hingga home decoration. Selain itu, galeri ini juga menyediakan oleh-oleh khas Purwakarta, seperti gula aren atau gula semut asli Sukasari.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Kamis 26 Januari 2023

Keberhasilan Bumi Kreasi Jatiluhur tidak hanya terbatas di tingkat lokal. Mereka telah berhasil mengekspor produk kerajinan berupa sendal dan tas eceng gondok ke Eropa.

Baca Juga:  Keindahan Destinasi Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong Purwakarta

Selain itu, kerajinan eceng gondok dari Bumi Kreasi Jatiluhur telah menjadi bagian dari pagelaran seni di Brunei Darussalam. Dengan omset penjualan puluhan juta per bulannya, Bumi Kreasi Jatiluhur telah membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.