Juli dan Agustus Hasil Panen Padi di Purwakarta Lebih Dari 80 Ton Dari 12 Hektare Sawah

Petani Purwakarta panen padi. (Foto: Gigin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan menyebut Juli dan Agustus merupakan puncak panen padi musim kemarau satu.

“Sejak dua minggu lalu, para penyuluh pertanian dan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) melakukan pendampingan panen di berbagai tempat,” Ucap pria yang akrab disapa Midan itu, pada Rabu, 27 Juli 2022.

Baca Juga:  Mutasi Pejabat Tinggi Pratama Disoal Fraksi PDIP DPRD Purwakarta

Dijelaskanya, setiap hari laporan data ubinan panen padi masuk di seluruh kecamatan di Kabupaten Purwakarta, dan tercatat hingga hari ini telah masuk 40 data ubinan dari 38 kelompok tani yang tersebar pada 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Ini Kronologi Penemuan Mayat Berlumuran Darah di Tasikmalaya, Polisi Beberkan Ciri-cirinya

“Dari data-data yang telah masuk, diketahui rata-rata produktivitas padi di Purwakarta sebesar 66,8 ku/ha gabah kering giling (GKG). Produktivitas padi terendah 45,9 ku/ha GKG dan produktivitas tertinggi 85,3 hu/ha GKG,” Sebutnya

Baca Juga:  Pekerja Jalan Tol di Serdang Bedagai Ditemukan Tewas, Alami Luka Parah di Kepala

Midan mengatakan, luas pertanaman padi (standing crop) saat ini adalah seluas 14.496 hektar. Panen padi Juli dan Agustus diperkirakan sebesar 12.058 hektar.