Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditargetkan Uji Coba November 2022, Ridwan Kamil: Saat Ini Baru 80 Persen

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima audiensi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terkait target operasional dan perumusan potensi pengembangan kawasan dan stasiun KCJB di Pakuan, Kamis (7/4/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Ridwan Kamil menyatakan, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik, banyak pelaku usaha properti yang berminat membangun bisnis di titik Transit Oriented Development (TOD), dan paling progresif yang banyak diminati investor adalah di Stasiun Halim, Jakarta.

Baca Juga:  Diduga Terbakar Api Cemburu, Suami Aniaya Istri Usai Terlihat Dibonceng Pria Lain

“TOD paling progresif di kawasan Halim Perdanakusuma. Di Halim sudah ada pengembang yang akan membangun rumah sakit, mal dan lain-lain. Kemudian TOD di Karawang ada hotel dan perkantoran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa di titik Walini, Kabupaten Bandung Barat akan dibangun stasiun bekerja sama dengan pihak ketiga. Sementara itu di Stasiun Tegalluar Bandung sebagai stasiun akhir KCJB akan dibangun jembatan penyeberangan untuk kendaraan.

Baca Juga:  Pastikan Lebaran Aman dan Nyaman di Kota Bandung, Ratusan Personel Satpol PP Disiagakan

“Ada opsi pihak ketiga menyumbangkan stasiunnya, sehingga dengan PTPN VIII
bisa mengembangkan Kota Baru Walini,” jelasnya.

Menurut Ridwan Kamil, hadirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung bukan semata-mata sebagai alat transportasi. Jauh lebih penting adalah sebagai alat pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah jalur Jakarta-Bandung.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Tinjau Ulang Penyesuaian Tarif Parkir Off Street