Kesbangpol Jabar Pastikan Penyelenggaraan Pilkada Berjalan Lancar

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa waktu lalu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan menghadirkan tokoh masyarakat, agama, pemuda forum-forum, TNI-Polri, KPU dan Bawaslu guna memastikan kelancaran penyelenggaraan Pilkada di 8 Kabupaten/ Kota.

Kepala Kesbangpol Jabar, Iip Hidayat mengatakan rakor tersebut bertujuan mendapatkan informasi sehingga jika ditemukan masalah bisa dicarika solusi dan jalan keluar. Mengingat, penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  PTM di Kabupaten Garut Dihentikan Sementara, Sampai Kapan?

“Yang paling penting Pilkada ini berbeda dengan sebelumnya karena di tengah Covid-19. Nah, tupoksi Kami adalah menjaga kondusifitas dan sehat,” kata Iip di Bandung, Sabtu (21/11/2020).

“Oleh karena itu, di pertemuan pertemuan di 8 kabupaten kota kami lebih menekankan hal itu mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dari informasi yang didapat Kesbangpol, ditemukan beberapa pelanggaran seperti keterlibatan ASN dan kerawanan-kerawanan berkaitan dengan politik uang atau judi.

Baca Juga:  Sidang Kasus Berita Bohong Habib Bahar Bin Smith Digelar Besok Secara Daring

Iip menyampaikan, pelanggaran ASN yang cukup tinggi ada di Kabupaten Bandung dan saat dikonfirmasikan ke Bawaslu, pelanggaran terseubut sudah berproses.

“Yang kami tahu pelanggaran yang terbanyak itu berkaitan dengan pelanggaran ASN ada di Kabupaten Bandung dan daerah yang lainnya pelanggarannya tidak begitu banyak jadi masih bisa dikendalikan jadi kita melihat situasi Pilkada sampai hari ini masih kondusif,” jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Penyebab Tewasnya Seorang Pemuda di Aliran Irigasi Langensari Kota Banjar, Ternyata...

Oleh karena itu, Iip mengimbau, para ASN untuk berpegang teguh pada PP nomor 53 Tahun 2010 itu tentang disiplin PNS supaya pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang bisa berjalan lancar.

“Jadi rekan-rekan ASN mari mari kita pegang teguh aturan yang ada di pemerintah sehingga kita bisa berjalan dengan baik dan ikuti aturan itu,” tutupnya. (Rnu)