Kodam III/Siliwangi Akan Relokasi Warga Kawasan DAS Citarum

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Dilakukan secara bertahap, Kodam III/Siliwangi tengah melakukan upaya merelokasi 360 rumah warga yang tinggal di sekitaran hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Bertempat di kawasan hulu Citarum, Desa Tarumajaya, Kabupaten Bandung, masyarakat akan diberikan secara cuma-cuma hunian baru yang berasal dari dana APBN sebagai langkah normalisasi.

Baca Juga:  Ambu Anne Keluarkan Surat Larangan Perayaan Pesta Pergantian Tahun, Begini Isinya

“Tak pakai biaya, semuanya ditanggung pemerintah pusat melalui Kemenpupera,” kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo saat meninjau kawasan Situ Cisanti, Kabupaten Bandung, Minggu (28/01/2018).

Pihaknya pun menargetkan pembangunan rumah yang terbuat dari beton dan fiber tersebut akan rampung dalam waktu tiga bulan saja.

Baca Juga:  Pendaftaran PPDB Jabar 2023 Tahap 1 Segera Dibuka, Cek Jumlah Kuotanya Disini

“Ditargetkan dalam tiga bulan 360 rumah sudah terbangun. Rumah ini terbuat dari beton dan fiber, sehingga cukup ringan namun cukup kuat,” jelasnya.

Selain itu, Doni juga menyampaikan bahwa masyarakat sekitar sudah memberikan persetujuan untuk segera di relokasi ketempat yang baru.

Sebagai langkah lanjutan, dikarenakan masyarakat bermayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh tani, pihaknya telah memberikan opsi terkait persoalan alih profesi.

Baca Juga:  Universitas Langlangbuana Dorong UMKM Di Jatiluhur Garap Produk Olahan Ikan

“Untuk masyarakat dipersilahkan untuk memilih usaha yang cocok sebagai langkah alih profesi tentunya dengan ketentuan yang berlaku, atau masyarakat juga dapat bekerja dipembibitan dan selanjutnya kita akan gaji perbulan,” pungkasnya.

Laporan: Teddy Permana