Longsor di Tasikmalaya, Penghuni Rumah Terpaksa Ngungsi

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Satu penghuni rumah di Kampung Karangresik, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat terpaksa mengungsi akibat rusak tergerus tanah longsor.

Penghuni rumah itu mengungsi ke rumah saudara karena khawatir akan terjadi longsor susulan.

“Kejadiannya kemarin (Selasa) tiba-tiba saja longsor saat turun hujan,” ujr pemilik rumah Dian Darliana (45), Rabu (08/07/2020)

Ia menuturkan, hujan deras yang mengguyur wilayah itu menyebabkan tembok penahan tanah jebol lalu menyebabkan tanah tebing longsor dan menggerus bagian belakang bangunan rumah.

Baca Juga:  Inilah 20 Daftar Kabupaten dan Kota Yang Memiliki Kasus Omicron

Akibat bencana itu, kata Dian, terpaksa istri dan dua anak harus mengungsi ke rumah saudara yang aman dari ancaman bencana longsor di daerah itu.

“Karena takut, tadi malam istri dan anak tidur di rumah mertua, kalau saya jaga rumah,” katanya.

Baca Juga:  Asyik Transaksi Narkoba, Dua Pelaku Diringkus Polisi Serdang Bedagai

Ia menyampaikan, peristiwa itu tidak menyebabkan korban jiwa hanya menyebabkan bagian kamar tidur, kamar mandi, dan dapur ambruk tergerus longsor.

Akibat kerusakan itu, kata Dian, anggota keluarganya terpaksa harus mengosongkan rumah karena khawatir akan terjadi longsor susulan.

“Sekarang mengungsi dulu karena takut longsor, apalagi saat ini kondisinya (rumah) sudah tidak layak,” katanya.

Baca Juga:  Mohammad Idris Jadi Imam Shalat Jenazah Korban Lakalantas

Sebelumnya, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya sudah meninjau lokasi longsor dan menemui warga yang rumahnya terdampak longsor.

BPBD Kota Tasikmalaya memberikan bantuan pangan sementara untuk kebutuhan warga selama mengungsi di rumah saudara.

Selain itu, petugas gabungan seperti dari jajaran TNI dan masyarakat membersihkan material bangunan rumah yang rusak tergerus tanah longsor itu. (Ara)