Mahasiswa USB YPKP Berbagi Ratusan Paket Hidangan Berbuka ke Masyarakat

Pihak Universitas Sangga Buana (USB) YPKP bersama mahasiswa menggelar bakti sosial dengan membagikan ratusan boks dan paket makanan berbula puasa kepada masyarakat sebagai bentuk membangun empati dan jiwa sosial terhadap sesama, Jumat (15/4/2022).

JABARNEWS | BANDUNG –Pihak Universitas Sangga Buana (USB) YPKP bersama mahasiswa menggelar bakti sosial dengan membagikan ratusan boks dan paket makanan berbula puasa kepada masyarakat sebagai bentuk membangun empati dan jiwa sosial terhadap sesama, Jumat (15/4/2022).

Plt. Direktur Kemahasiswaan USB YPKP, Nurhaeni Sikki  mengatakan kegiatan baksos ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sebagai bentuk empati dan sosial pengabdian terhadap masyarakat, saat menghadiri kegiatan HUT ke-42 HIMAPA USB YPKP, di Kampus Universitas Sangga Buana YPKP, Jalan PHH Mustofa, Cikutra, Kota Bandung

“Pembagian makanan dan takjil juga digelar oleh mahasiswa Fakultas Teknik USB YPKP dan mahasiswa fakultas lain, melalui program ‘Tebar Asmara’ (Teknik Berbagi antar sesama di bulan Ramadhan),” ujarnya.

Dia menjelaskan, di hari yang sama, kegiatan mensyukuri hari lahir (HIMAPA) yang ke 42 diisi dengan kegiatan bakti sosial berbagi paket nasi boks kepada warga. Aksi yang sama juga dilakukan mahasiswa dari fakultas teknik, berbagi ratusan paket takjil dan nasi boks kepada pengendara di depan kampus.

Baca Juga:  Warga Bandung Inginkan Budi Dalton Jadi Wali Kota Bandung

Dia menegaskan, kegiatan baksos yang dilakukan pada hari ini mendapatkan dukungan langsung dari Wakil Rektor III yang juga sebagai Direktur Jaswita, memberikan dukungan berupa ratusan paket nasi boks yang dibagikan oleh Fakultas Teknik dan HIMAPA USB YPKP. Dan momentum bulan suci Ramadhan, kegiatan baksos juga akan dilaksanakan oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi USB YPKP, akan bergerak ke panti-panti asuhan.

“Insya Allah masih dalam kaitan kegiatan baksos, besok dari fakultas ekonomi prodi akuntansi akan bergerak ke panti-panti asuhan yang dekat-dekat kampus membagikan paket makanan. Ini juga mendapatkan dukungan dari Jaswita,” tukasnya.

Nurhaini mengungkapkan, tujuan Universitas Sangga Buana YPKP, salah satunya adalah mendidik generasi muda sebagai pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Inilah saatnya kita membangun empati dan sosial pengabdian terhadap masyarakat. Dan kami berharap kolaborasi dari mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan juga senior-senior HIMAPA ini bisa terjalin yang lebih bagus,” imbuhnya.

Baca Juga:  Begini Kata Dishub Purwakarta Soal Kebocoran Retribusi Parkir

Di tempat yang sama, Ketua Umum HIMAPA USB YPKP, Amelia Nurpitrianah menjelaskan, peringatan HUT ke-42 HIMAPA yang bertepatan dengan Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini diisi dengan buka puasa bersama dan berbagi paket nasi boks dan takjil kepada masyarakat dan pengurus DKM masjid di sekitar kampus.

“Untuk kegiatan bagi-bagi takjil dan paket nasi boks kita lakukan di sekitar jalan pahlawan dan dibagikan ke pengurus (DKM) masjid-masjid terdekat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, ditambahkan Rudiana Arishandi, selaku Ketua Dewan Anggota HIMPA USB YPKP, selain kegiatan buka puasa bersama dan berbagi takjil di momentum bulan Ramadhan. Dalam waktu dekat mengadakan silaturahmi Camp.

 

“Tujuan dilaksanakan silaturahmi Camp itu untuk mempererat tali persaudaraan. Terkait kegiatan baksos, kedepan akan kembali melakukan penggalangan dana untuk program yang bisa dibagikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Muhammad Fajar Adhi Nugraha selaku penanggungjawab kegiatan ‘Tebar Asmara’ Fakultas Teknik mengatakan, kegiatan baksos ini mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ke Tiga, yakni pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga:  Gatot Nurmantyo Tak Hadiri Acara Pemberian Bintang Mahaputera

“Atas dasar itu, kami sebagai mahasiswa ingin mencoba untuk pengabdian kepada masyarakat berupa bagi-bagi takjil yang memang pas momentumnya di bulan ramadhan,” ungkapnya.

Alasan memilih berbagi takjil di jalan untuk pengendara, karena menurutnya banyak masyarakat yang bekerja hingga larut malam, sehingga sebagian banyak terlambat buka puasa karena masih di perjalanan.

“Maka dari itu kami ingin ikut berbagi untuk sesama, sehingga kita juga bisa membantu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa yang sedang di jalan,” ujarnya.

Untuk pendanaan kegiatan Tebar Asmara kali ini, pengumpulan dana dilakukan dengan cara open donasi selama satu minggu dari mahasiswa Fakultas Teknik, juga berkat dukungan dari kampus serta dosen-dosen USB YPKP.  Dari dana yang terkumpul, dikonversikan menjadi 600 paket takjil yang dibagikan kepada pengendara.**