Masa Tenang, Bawaslu Purwakarta Siagakan Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Purwakarta
Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Stadion Purnawarman. (Foto: Gin/JabarNews).

Dia melanjutkan dalam momentum yang sangat penting ini pihaknya berpesan agar pengawas pemilu memahami tugas dan fungsi, meningkatkan pengetahuan dan kapasitas, dengan mempelajari petunjuk teknis dan panduan lainnya agar mampu melaksanakan tugas pengawasan dengan baik dan benar.

“Untuk itu, kepada pengawas kelurahan/desa dan panwaslu kecamatan agar mengawal dengan ketat dalam masa tenang, hingga proses pemungutan dan rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat TPS, desa serta kecamatan sehingga tidak ada pihak yang mencurangi ataupun dicurangi,” tegas Yusup.

Baca Juga:  Duh! Data Ganda Bacaleg Masih Ditemukan di Kota Bajar

Selain itu, lanjut dia, dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, tertib dan lancar, pengawas pemilu memiliki tanggungjawab untuk mengantisipasi atau memitigasi permasalahan yang akan timbul dan berdampak kepada persoalan hukum.

Baca Juga:  Kades di Cikalongkulon Cianjur Diduga Buat Curang saat Pencoblosan Pemilu 2024, Dijanjikan Iphone 15 Pro Max?

“Oleh sebab itu penting bagi pengawas pemilu untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam seluruh proses pemilu,” Ucap Yusup.

Baca Juga:  Bawaslu Kota Bandung Harap Mitra Strategis Ikut Awasi Tahapan Pemilu 2024

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kabag Ops, Kompol Suparlan, menegaskan pentingnya kerjasama antara kepolisian, Bawaslu, dan semua pihak terkait untuk memastikan kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Purwakarta.