Menengok Sejarah Pabrik Keramik Plered Pertama di Purwakarta

Pabrik Keramik pertama di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

Namun jauh sebelum itu, tidak banyak yang tahu pertama kali industri keramik Plered mulai berkembang hingga sesukses seperti saat ini.

Menurut, Staf UPTD Litbang Kramik Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta Jujun Junaedi, pertama masuk keramik di Plered sekitar pada tahun 1904. Pada waktu itu warga membuat segumpal tanah agar dapat difungsikan.

Baca Juga:  Hari Ini, Bupati KBB Aa Umbara Dipanggil Penyidik KPK

Bukti dari sejarah itu, kata dia, terlihat dari berdirinya gedung tua menyerupai pabrik berlokasi di Jalan Raya Plered yang tak jauh dari jembatan rel kereta api. Setelah adanya gedung tua itu warga mulai tertarik membuat gerabah kramik.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bekuk Pelaku Curat Spesialis Kos-kosan

“Dulu saat pertama masuk bahan keramiknya itu tanah putih, namun setelah dilakukan penelitian dan lainnya ternyata tanah liat di Plered juga bisa digunakan, di situlah tanah liat berwarna coklat asal Plered menjadi bahan baku,” tutur Jujun, pada Senin (10/1/2022).

Baca Juga:  Gelar Operasi Yustisi, Polisi Sumedang Berikan Sanksi Kepada Enam Pelanggar Prokes

Dijelaskannya, bangunan itu didirikan dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI pertama, Mochammad Hatta diperkirakan pada 1950 sebagai sanggar belajar bagi perajin keramik.