Mengenal Tabbouleh Sebagai Salad Khas Timur Tengah Yang Menyehatkan

JABARNEWS | BANDUNG – Tabbouleh adalah sebuah hidangan vegetarian Timur Tengah Arab (Salad) yang biasanya terbuat dari beberapa sayuran jenis sayuran dan buah. Dilansir dari Moeslim.id dalam satu cangkir tabbouleh dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan serat bagi pria dan 12 persen bagi wanita.

Salad ini sehat karena bulgur sendiri adalah gandum yang kaya akan serat dan protein, kalium, zat besi dan memiliki indeks glikemik rendah.

Baca Juga:  Datangi DPC Partai Hanura Purwakarta, Dadan & Mamat Terlihat "Mesra"

Hidangan kaya serat ini dibuat dari berbagai jenis sayuran. Sayuran yang dicincang halus memadukan semua rasa dari masing-masing bahan. Meskipun makanan tradisional ini berasal dari Timur Tengah, namun populer di mancanegara.

Tabouleh berasal dari kata tabulah yang berarti salad. Terbuat dari bulgur, tomat, peterseli dan daun mint. Semua bahan dicincang halus dan tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih. Dressing yang digunakan adalah minyak zaitun yang ditambahkan jus lemon dan garam.

Baca Juga:  Pelibatan TNI Dalam Penanganan Aksi Terorisme Sudah Miliki Payung Hukum

Mulanya salad ini berasal dari Suriah dan Lebanon. Kemudian berbagai variasi dibuat oleh masyarakat Turki dan Armenia. Hingga saat ini pun, tabouleh menjadi salah satu salad yang terpopuler di Timur Tengah.

Rasanya yang asam segar cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka. Di negara asalnya hidangan tradisional yang sudah lama ada ini juga masih dihidangkan hingga sekarang. Pembuatan tabouleh juga dianggap sebagai sarana berhemat dalam penggunaan daging.

Baca Juga:  Seorang Pria Warga Bogor Ditemukan di TPU Kutawaringin Cianjur, Diduga Karena Ini

Di Irak, Suriah, Yordania, Libanon dan Palestina, biasanyanya disajikan dalam Meze, yaitu berbagai pilihan hidangan kecil bersama selada. Karena dibuat dari berbagai sayuran dan mengandung banyak serat, kebanyakan orang Arab memasukkan menu ini dalam makanan sehari-hari. (Red)