Monyet Liar Masuk Pemukiman Warga di Tebing Tinggi Akibat Habitatnya Terganggu

monyet liar
Ilustrasi monyet liar. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Keresahan warga yang bermukim di Jalan Pala, Lingkungan 3, Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Tebing Tinggi, Sumatera Utara terkait banyaknya kawanan monyet liar masuk pemukiman warga.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi mengaku telah turun ke lokasi untuk melakukan pengusiran dan menangkap kawanan monyet liar bekerjasama dengan pihak kebun binatang Pematangsiantar dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera utara.

Baca Juga:  Walah! Seorang Pria Asal Tebing Tinggi Bawa Kabur Siswi SMP ke Jakarta

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran kota Tebing Tinggi, Hersan Koto mengatakan, kawanan monyet liar masuk pemukiman warga di Lingkungan 3, Kelurahan Bandar Utama akibat habitatnya yang berada di belakang pemukiman warga dibangun perumahan.

“Akibat habitatnya terganggu dengan bangunan perumahan sehingga mereka masuk pemukiman warga,” ujarnya, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga:  Begini Cara Kapolres Purwakarta dalam Memaknai Hari Lahir Pancasila

Kata dia, Dinas Pemadam Kebakaran berusaha mengusir kawanan monyet dengan meletakkan kotoran harimau. Selain pihak BBKSDA sudah turun memasang perangkap. Hasilnya beberapa ekor monyet berhasil masuk perangkap dan dibawa untuk dilepas liar di Bahorok, Langkat.

“Semua sudah kita upayakan, karena Kita sudah berupaya untuk menangkap monyet liar tersebut dengan kerjasama pihak BBKSDA,” terang Hersan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Pendidikan dan Kesehatan Jadi Prioritas Dalam APBD Perubahan 2021

Kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali memasang perangkap di Jalan Pala untuk menangkap monyet liar. Apabila tertangkap, monyet liar tersebut akan diserahkan ke BBKSDA untuk dilepas liar ke tempat lain.

“Dalam waktu dekat akan kita pasang perangkap lagi, tapi terbuat dari kayu, peran warga sekitar sangat kita harapkan turut membantu,” bilangnya. (Mad)