Nelayan Cirebon Temukan Belasan Mortir Aktif di Perairan Laut Indramayu

Kapolres Cirebon Kota bersama Satuan penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Detasemen Brimob Polda Jabar. Saat melakukan peledakan pada belasan mortir aktif. (Foto: Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS I CIREBON – Geger nelayan asal Desa Kalisapu, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, temukan belasan diduga mortir aktif di Laut Perairan Dadap Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Dari temuan Tersebut, kemudian nelayan tersebut membawanya ke Muara Sungai bondet desa Grogol Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon dan kotak tersebut disimpan di grabagan perahu. Yang kemudian melaporkannya ke petugas kepolisian terdekat, yakni Polsek Gunung Jati, Polres Cirebon Kota.

Baca Juga:  Sedang Dibuat, Presiden Akan Terbitkan Perpres Otorita IKN

Menindaklanjuti hal tersebut Kapolres Cirebon Kota, AKBP M. fahri Siregar dengan didampingi PJU Polres Ciko dan Kapolsek Gunungjati AKP Abdul Majid segera ke lokasi kejadian dan menghubungi satuan penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Detasemen Brimob Polda Jabar.

Baca Juga:  Geger, Warga Purwakarta Temukan Bom Jenis Granat di Kebun Bambu

“penemuan mortir aktif jenis granat ini ditemukan nelayan pada saat melaut, benda yang diduga mortir tersebut ditemukan di dalam sebuah kotak peti besi yang tersangkut oleh jaring nelayan di Laut Dadap Indramayu. Pada mulanya mereka belum menyadari kalau benda yang terjaring itu bom martir, sehingga saat itu hanya disimpan di kapal,” kata Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar, Jumat (13/05/2022)

Baca Juga:  Ini Kisah Petani di Tasikmalaya yang Temukan Mortir saat Mencangkul Sawah

Lanjut Fahri, langkah yang dilakukan petugas, dengan melaksanakan sesuai dengan SOP yaitu dengan menghubungi Satuan penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Detasemen Brimob Polda Jabar untuk mengevakuasi benda tersebut dan memusnahkannya di tempat yang jauh dari pemukiman warga.