Panen Perdana, Iwa: Program Desa Asuh Bukan Seremonial Semata

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Agustus 2018 lalu, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Jawa Barat, bekerjasama dengan Universitas Widyatama, menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan lele melalui program Desa Asuh di Kampung Kahuripan Desa Nagrog Cicalengka Kabupaten Bandung. Saat ini, hanya dalam jangka waktu tiga bulan, budidaya ikan lele ini dipanen untuk pertama kalinya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan, program dari Perbanas ini juga turut menyukseskan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni program satu desa satu produk dan juga satu pesantren satu produk. Untuk itu bagi Iwa, panen perdana kali ini membuktikan bahwa program Desa Asuh bukan hanya sekedar seremonial semata.

Baca Juga:  Dampak Kemarau, Belasan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen di Cianjur

“Pemerintah Provinsi Jabar punya program satu desa satu produk, dan juga satu pesantren satu produk. (Program desa asuh) ini juga mensukseskan program kami, luar biasa jika dikolaborasikan,” ungkap Iwa ditemui usai acara Panen Perdana Ikan Lele Desa Asuh Perbanas Jabar, di Kampung Kahuripan Desa Nagrog Cicalengka Kabupaten Bandung, Jum’at (5/10/2018).

Baca Juga:  Heboh Helm Jokowi saat Resmikan Sirkuit Mandalika, Ternyata Produk Lokal Bandung

“Panen ini membuktikan apa yang dilakukan Perbanas, desa, kelompok dan masyarakat bukan hanya seremoni saja pada tempo hari, tapi juga harus terasa hasilnya,” katanya.

Ketua Perbanas Jabar Rudy Kurniawan menuturkan, program Desa Asuh ini menjadi bukti nyata kepedulian Perbanas Jabar akan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Rudy berharap, program ini dapat terus berlanjut dan menyebar ke desa-desa lainnya.

Selain itu, Rudy juga mengungkapkan bahwa Perbanas sangat terbuka pada setiap ide penerapan Desa Asuh. Ia pun memastikan pihaknya akan siap membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program Desa Asuh.

Baca Juga:  Tedy Geram, Banyak Bekas Tusuk Sosis Di Lingkungan Alun-alun Bandung

“Ini tulang punggung Perbanas bahwa kita peduli, ini bukti nyata. Harapan kita bahwa guliran program ini bisa terus berlanjut dan melebar ke desa-desa lain. Kalau rekan-rekan Perbanas ada ide mau menerapkan apa di desa mana, kita akan selalu siap membantu,” papar Rudy. (Rilis Prov Jabar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat