Pangdam Siliwangi Banggakan Kapal Babinsa Merah Putih, Buat Bantu Nelayan

JABARNEWS | PANDEGLANG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengapresiasi para babinsa dari Kodim 0601/Pandeglang. Para babinsa membuat kapal ferrocement yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih.

“Keberhasilan para babinsa tersebut dapat menjadi percontohan dalam membantu para nelayan di wilayah Korem 064/Maulana Yusuf untuk meningkatkan ketahanan laut,” kata Nugroho, di sela peluncuran Kapal Babinsa Merah Putih, Jumat (6/11/2020).

Nugroho mengaku bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan babinsa di jajaran Korem 064/Maulana Yusuf membuat kapal ferrocement tersebut. Apalagi, pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih tidaklah mudah.

Baca Juga:  Besok, Seminar Pencegahan Tindakan Korupsi Digelar Di Gedung Da'wah

“Mereka berhasil menyelesaikan pembuatan satu unit kapal dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari campuran semen, air, pasir, dan rangka besi, yang diselesaikan dalam waktu 21 hari,” katanya.

Menurut Pangdam Siliwangi, keberhasilan babinsa membuat kapal ferrocement tidak hanya patut diapresiasi, melainkan pula perlu ditindaklanjuti oleh seluruh instansi terkait dalam memfasilitasi pengembangan selanjutnya.

“Dengan adanya sinergi yang baik antara unsur pemerintah, pelaku dunia usaha, serta Korem 064/Maulana Yusuf, saya optimistis tujuan utama dari pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih untuk membantu para nelayan meningkatkan kesejahteraan dapat benar-benar terwujud,” katanya.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Akan Panggil Komunitas Spaturoda Yang Melintas di Jalan Gatsu Jaksel

Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi menyampaikan bahwa pembuatan Kapal Babinsa Merah Putih ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan dalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan.

“Latar belakang dibuatnya kapal ini mengingat wilayah Kodim 0601/Pandeglang memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 307 kilometer, dan harus memiliki kapal untuk patroli. Selain itu, juga adanya kegiatan mafia ikan yang menopoli para nelayan,” katanya.

Baca Juga:  Warga Cipadung Bandung Ini Bingung Terbelit Utang Pinjaman Online, Satgas Anti-Rentenir Putar Otak Cari Solusi

Dia menjelaskan, Kapal Babinsa Merah Putih memiliki panjang 10 meter dan lebar 3 meter. Pembuatannya menggunakan bahan yang relatif murah dan mudah didapatkan, sehingga dapat menjadi percontohan sekaligus membantu para nelayan untuk meningkatkan ketahanan laut.

Peluncuran Kapal Babinsa Merah Putih itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat dari jajaran Polda Banten, Pemprov Banten, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Pandeglang. (Yoy)