Pasca Batalkan Ribuan Calon Siswa, Disdik Jabar Segera Evaluasi Perbaikan PPDB

PPDB Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya saat meninjau pendaftaran PPDB Jabar. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat memastikan tim evaluasi akan bekerja secepatnya untuk merumuskan perbaikan yang diperlukan dalam proses PPDB tahun depan.

Sebelumnya, Disdik Jabar telah membatalkan kepesertaan 4.791 calon siswa SMA/SMK dalam Penerimaan Peserta Didik Baru 2023.

Baca Juga:  Borong 18 Medali Emas, Jabar Juara Umum Kejurnas Arum Jeram 2022

“Kita akan evaluasi perbaikan-perbaikan mana yang menjadi ranah kabupaten kota, provinsi, maupun pusat. Insyaallah segera keluar hasilnya,” kata Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya di Bandung, Senin (17/7/2023).

Baca Juga:  Aksi Pencurian Kotak Amal di Purwakarta Kian Marak, Pengurus Masjid Dihimbau Waspada

Dia menegaskan, pembatalan kepesertaan calon siswa tersebut di antaranya terkait dengan masalah Kartu Keluarga (KK) yang tidak sesuai dengan aslinya dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Ada beberapa penyebab kita menolak 4.791 calon siswa terkait ketidaksesuaian data saat mendaftar berbagai jalur di PPDB. Misalnya terkait dengan dokumen KK dan titik koordinatnya, nilai rapor, dokumen program penanganan kemiskinan serta ketidaksesuaian dengan dokumen prestasi kejuaraan,” tegasnya.

Baca Juga:  Pekerja Rentan di Kota Bandung dapat Perlindungan dari Bank BJB dan BPJS