Pasca Longsor Akibat Gempa, Basuki Hadimuljono Pastikan Jalur Cianjur-Cipanas Dibuka Kembali Siang Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi longsor akibat gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (Foto: Kementerian PUPR).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menambahkan ruas jalan yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di dua titik sudah dapat ditembus.

“Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari dua arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” ucap Endra.

Baca Juga:  Menteri Tjahjo Kumolo : Pelaksanaan HPN 2020 Sebagai Wujud Semaraknya Demokrasi di Indonesia

Kementerian PUPR mengharapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan seperti makanan dan minuman dan sandang dapat menjadi lebih lancar setelah terbukanya jalur Cianjur-Cipanas.

Baca Juga:  PDIP Cianjur Sebut Kuliner Berbasis UMKM Bisa Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Benarkah?

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan enam hidran umum, empat mobil tangki air dan enam toilet portable yang sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar pendopo Kantor Bupati Cianjur dan RSUD Cianjur.

Baca Juga:  Ridwan Kamil; Kita Harus Hati-hati dengan China

Sebelumnya dilaporkan Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk meninjau langsung dampak bencana gempa di Kabupaten Cianjur. (Red)