Pembangunan PLTS Terapung Cirata Capai 97 Persen, Ditargetkan COD Tahun Ini

PLTS Terapung Cirata
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata. (Foto: Istimewa).

Wiluyo mencontohkan, saat ini sedang dilakukan pembangunan PLTA Jatigede, PLTA Upper Cisokan Pumped Storage, dan kedepannya akan segera dibangun PLTS Terapung Saguling serta PLTS Terapung Singkarak.

Selain itu, PLN juga melakukan langkah strategis melalui pengembangan Accelerated Renewable Energy Development yang akan semakin meningkatkan pemerataan kelistrikan nasional melalui transmisi yang menghubungkan pembangkit-pembangkit energi baru terbarukan atau Green Enabling Super Grid.

Baca Juga:  Karena Penghargaan Ini, Kementerian PANRB Sebut Yana Mulyana Pemimpin Perubahan

“Pembangunan infrastruktur Green Enabling Super Grid ini akan menjadikan sistem kelistrikan antar pulau di Indonesia yang sebelumnya terfragmentasi menjadi terhubung satu sama lain,” tutupnya.

Baca Juga:  Proyek PLTS Apung Cirata dan PLTA Jatigede Genjot Pembangunan Pembangkit EBT

Sebelumnya, Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah, melaksanakan agenda kunjungan lapangan langsung ke lokasi proyek pembangunan PLTS Terapung Cirata.

Baca Juga:  Jaga Ketahanan Imunitas, Warga Binaan di Lapas Purwakarta Diberikan Vitamin

Didampingi oleh , kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka evaluasi atas Transformasi Energi Hijau pada PLN yang terdiri atas transisi menuju energi baru terbarukan (EBT), konservasi energi dan sumber daya energi, serta investasi dan riset bidang EBT tahun 2023.