Peran BPBD Kabupaten Purwakarta Dibutuhkan untuk Antisipasi Bencana Alam

Bencana Alam
Kegiatan Apel Siaga Bencana di Taman Pesanggrahan Pajajaran, Pemkab Purwakarta. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait bencana alam.

Sebagaimana diketahui, potensi bencana alam di Kabupaten Purwakarta sangat besar. Oleh karena itu, peran BPBD sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi jika terjadi bencana alam.

Baca Juga:  Sebelum Ditahan KPK Karena Diduga Terlibat Kasus Suap, Nurdin Abdullah Bilang Gini

“Kami meminta seluruh elemen masyarakat menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak tetapi yang lebih penting merupakan upaya bersama untuk dapat meminimalkan dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangan yang diterima, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga:  Gandeng Mahasiswa KKN STIES Indonesia, KAMMI Purwakarta Lakukan Gerakan Wakaf Quran

Wanita yang akrab disapa Ambu Anne menyebutkan bahwa jika berkaca pada rentetan bencana yang terjadi pada tahun lalu yang mana puncaknya terjadi di akhir tahun.

Baca Juga:  Parah! Seorang Pemuda di Purwakarta Curi Kotak Amal Masjid, Aksinya Terekam CCTV

“Sebetulnya apel kesiapsiagaan hidrometeorologi ini merupakan agenda rutin. Karena siklus iklim cuaca ini kan memang Indonesia seperti di akhir tahun sampai awal tahun itu curah hujan akan tinggi,” tuturnya.