PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan dan Bantu Warga Terdampak Gampa Bantul

PLN
Petugas PLN saat membantu warga yang terdampak gempa bumi di Bantul. (Foto: Istimewa).

“Dapur batakonya ambruk, namun Alhamdulillah rumah bagian depan tidak apa-apa, listriknya juga kemarin tidak mati kok. Maturnuwun PLN sudah hadir membantu, semoga menjadi berkah untuk kita semua,” kata Ponem dalam keterangan yang diterima, Senin (3/7/2023).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, prioritas pertama PLN adalah melakukan pengamanan aset kelistrikan agar tidak membahayakan warga. Kemudian dengan cepat petugas akan lakukan penormalan jaringan listrik dan membantu dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako.

Baca Juga:  Bermain di Sekolah Saat Mau Pulang, Siswa SD Ini Tewas Tertimpa Pagar

“Saat ini, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan untuk menjaga keselamatan warga. Kami juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DIY, TNI-Polri serta stakeholder terkait untuk memberikan bantuan pada warga yang terdampak bencana,” ujar Darmawan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Penanganan Gempa Garut Sama dengan di Cianjur

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan, untuk gangguan kelistrikan parah hanya terjadi di wilayah Kebumen, selanjutnya wilayah Kabupaten Bantul tidak ada gangguan masif dari sisi kelistrikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM), namun memang banyak warga yang mengalami kerusakan pada bangunan rumahnya.

Baca Juga:  KBRI Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban Gempa Bumi di Turki

“Dengan cepat petugas PLN melakukan penormalan jaringan listrik dan menyalurkan bantuan dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako,” ujar Soffin.