• Minggu, 28 November 2021

Tingkatkan Perekonomian, Wisata Air Susukan di Cikondang Segera Dibangun

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:13 WIB
Destinasi Wisata Air Susukan Gede, di Kampung Irigasi, Desa Cikondang, Cianjur. (Mul/Jabarnews)
Destinasi Wisata Air Susukan Gede, di Kampung Irigasi, Desa Cikondang, Cianjur. (Mul/Jabarnews)

JABARNEWS I CIANJUR- Pemerintah Desa (Pemdes) Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, rencananya akan membangun destinasi wisata air susukan gede, di Kampung Irigasi, Desa Cikondang.

"Ya, intinya upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Cikondang untuk demi kemajuan masyarakat dalam hal perekonomian," katan Yana Mulyana, Sabtu (1/10/2021).

Kades sudah dua menjabat periode ini terus berinovasi, fokus serta berusaha memikirkan untuk kemajuan desa dan warganya, merancang rencana terkait pembangunan destinasi wisata air.

Baca Juga: Viral! Kendaraan Taktis Milik Brimob Terguling di Tol Cipularang

Baca Juga: Media Center Peliputan PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

"Hal ini akan menjadi jalan keluar untuk meningkatkan kesejahteraan secara kontinyu," ujar Yana.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kunjungi Atlet Jawa Barat di PON Papua, Ini Pesannya

Baca Juga: Begini Cara Menanam Timun Baby Yang Sedang Ngetrend
Namun, masih tutur Yana, semua ini bukan perkara mudah. Artinya, perlu menyiapkan langkah-langkah apa saja akan dilaksanakan.

"Sehingga rencana besar ini bisa terwujud dengan baik sesuai yang kita harapkan bersama," ujarnya saat konfirmasi langsung kepada JabarNews.com.

Pembangunan destinasi wisata ini sudah dianggarkan dan tidak sedikit dana siapkan, dialokasikan Rp200 juta untuk destinasi.

"Kita akan musyawarahkan kembali terkait hal ini dan akan melibatkan beberapa elemen masyarakat terutama kaum milenial," terang Yana.

Karena, kaum milenial, kata dia, lebih mengerti apa harus dilakukan. Dan, biasanya kaum milenial lebih kritis akan pembangunan. Kemudian, menghimpun masyarakat yang suka berwisata ke luar untuk minta pendapatnya ,apa saja biasanya mereka lakukan ketika berada ditempat wisata.

Baca Juga: Tiga Usaha Di Bidang Pariwisata Yang Sebagai Bisnis Potensial

"Nah, apa saja kebutuhannya. Sehingga paham fasilitas apa harus siapkan untuk menunjang menarik berwisata ke tempat kami," papar Yana.

Selain itu, sambungnya, langkah harus siapkan juga yaitu peraturan dan perijinan. Karena lokasi wisata yang akan bangun berada di wilayah pengairan.

"Kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihaknya terkait rencana desa ini," jelas Kades Cikondang.

Dia menambahkan, realisasi pembangunan ini akan dilksanakan tahun 2021. Dan, masih menunggu anggaran turun, mengingat bahwasannya masih berada di tengah pandemi Covid-19. Tapi pasti dilaksanakan di tahun ini, melalui arahan program Bupati Cianjur, desa harus jadi penunjang wisata situs gunung padang.

"Akan menjadi penunjang wisata, karena ketika pembangunan ini berhasil perekonomian warga terbangun dan maju. Ya, sesuai dengan moto desa," pungkasnya. (Mul)

Editor: Iqbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X