Butuh Antisipasi! Kawanan Monyet Liar Masih Hantui Warga Tebing Tinggi

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Kawanan monyet liar terus mengantungi warga yang tinggal di Jalan Pala, Lingkungan 3, Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi kota, Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Kadis Kominfo Kota Tebing Tinggi, Dedi Siagian menerangkan, petugas dari Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan sudah melakukan evakuasi monyet liar yang menyerang Lingkungan 3 Bandar Utama. Petugas mengusir monyet liar dengan meriam air serta campuran kapur Barus dan belacan disebarkan dibeberapa titik.

“Langkah antisipasi ini diharapkan mampu meminimalisir serangan monyet liar ini sambil menunggu tindak lanjut dari KSDA Sumatera Utara,” tulisnya.

Baca Juga: Aniaya Warga, Tiga Anggota Geng Motor Diringkus Satreskrim Polres Purwakarta

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Lebih Bijak Gunakan Media Sosial

Baca Juga: Yuk Simak! Cara Memulai Ternak Kambing Sebagai Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Seorang warga, Lina mengatakan, kawanan monyet liar sudah sangat meresahkan warga Lingkungan 3. Namun belum ada pihak terkait yang melalukan tindakan mengevaluasi kawanan monyet tersebut.

Baca Juga: Persib Kembali Gelar Latihan di GBLA, Sejumlah Pemain Absen Karena Ini

Baca Juga: Obat Alami Untuk Mengatasi Mencret, Dr Agus Rahmadi: Konsumsi Buah Ini

“Sudah melapor pak, tapi sampai sekarang belum ada tindakan, sempat datang petugas pemadam kebakaran, tapi mereka cuma mengusir dengan tembak angin,” katanya, Rabu (6/10/202).

Kata dia, monyet liar semakin ganas masuk ke rumah warga dan merusak tanaman bunga. Kawanan monyet liar membuat warga tidak berani berjualan di depan rumah dengan memilih berjualan dalam rumah.

Baca Juga:  Banyak Program Tak Tepat Sasaran, Aparatur Desa di Bogor 'Disekolahkan'

“Jualan diluar, habis diacak-acak monyet, pantang terbuka pintu, monyet itu masuk mengambil telur yang dijual,” paparnya.

Kata dia, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran sudah datang kelokasi melakukan pengusiran monyet liar dengan alat seperti senapan angin. Namun hanya sekali, monyet liar tersebut kembali masuk ke pemukiman warga.

Baca Juga: Gernas BBI di Samarinda, Momentum Kegiatan BUMDes untuk Terus Berkelanjutan

“Mereka gak ada mengevakuasi, hanya menembakkan sesuatu, besoknya monyet liar kembali masuk rumah warga,” terang Lina.

Menurut Lina, warga sekitar sudah mau mengumpulkan dana untuk mengusir monyet liar. Tapi mereka bingung siapa yang bisa mengusirnya. Mereka sudah mengadu, sampai saat ini belum ada tangkapan dan tindakan dari pihak terkait.

Baca Juga:  Istrinya Telah Poliandri dengan Sopir Pribadinya, Curahan Isi Hati Sang Suami Bikin Sakit Hati

“Memang sudah jadi masyarakat biasa, melapor tidak pernah ditanggapi, warga sudah mau mengumpulkan dana untuk biaya yang mau menangkap monyet liar itu,” bilangnya.

Baca Juga: Produksi Sampah Capai 1.500 per Hari, Kota Bandung Mulai Uji Coba Insenerator

Terpisah, Kanang menjelaskan, monyet liar menggigit kabel listrik menuju rumahnya, sehingga dinding besi teras rumah mengandung aliran listrik.

“Saya hampir kontak karena besi teras rumah mengandung aliran listrik, akibat kabel listrik digigit monyet,” ungkapnya. (Ptr)