Pulahan Orang di Pelaksana PON XX Papua Positif Covid-19, Kontingen Jabar Aman?

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 32 orang yang terdiri dari atlet, offisial, dan panitia pelaksana PON XX Papua yang dinyatakan positif Covid-19 dan malaria.

Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat menyatakan bahwa dari data yang disampaikan tersebut, tidak satu pun di antaranya berasal dari Kontingen PON Jabar.

“Jadi kami barusan komunikasi ke Papua dan ada datanya, tapi Jabar belum ada masuk di data itu. Dari 32, ada dari Kota Jayapura, Timika dan lainnya, atlet yang ada itu dari provinsi lain. Sementara data yang saya punya, dari 32 orang itu, tidak ada atlet Jabar,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Dewi Sartika, ketika dihubungi melalui telepon, Rabu 6 Oktober 2021.

Baca Juga:  Tak Terima Mantan Istri Punya Pacar, Pria Ini Aniaya Tetangganya Sendiri

Baca Juga: Begini Cara Membuat Sepatu Bayi Dari Kain Perca

Baca Juga: Oded M Danial: Ada 41 Sungai Lewati Kota Bandung, Bantaranya Wajib Enak Dilihat

Dewi mengatakan informasi tersebut dipastikan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di Papua dan pihaknya menuturkan akan terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di PON XX Papua tersebut.

Baca Juga:  Usai Dilantik DPRD Bekasi Bentuk Tim Penyusunan Tata Tertib

Baca Juga: Dedi Mulyadi Ngamuk, Galian Ilegal Ditemukan Buka Lagi

Baca Juga: Lewat Jabar Saber Hoax, Pemprov Jawa Barat Gencarkan Edukasi Hoax

Menurut dia data tersebut tidak hanya memuat tentang atlet, offisial, dan panitia pelaksana, yang terkena Covid-19 namun juga yang terkena malaria.

Namun demikian, kata Dewi, upaya antisipasi tetap harus dilakukan dan selain pelacakan kontak melalui testing di venue.

Terakhir semua atlet, offisial, dan panitia penyelenggara, harus melakukan PCR di bandara sebelum pulang ke Jabar.

“Tetap kan nanti sebelum naik pesawat harus PCR, itu pasti tersaring dari Papua ke sini. Kemudian nanti tetap sampai Bandung kita akan lakukan konsolidasi dan pemantauan juga,” katanya.

Baca Juga:  MKB Minta Pertambangan Gunung Sinalanggeng Tutup

Baca Juga: Butuh Antisipasi! Kawanan Monyet Liar Masih Hantui Warga Tebing Tinggi

Menurut dia jika masih tetap ditemukan yang positif Covid-19 setelah sampai di Jabar maka pihaknya pun sudah menyiapkan antisipasi.

“Untuk yang tidak bergejala, kita siapkan di BPSDM Jabar seperti biasa, nanti kita cek. Penutupannya kan nanti, dan sekarang kita siapkan tempat karantinanya,” katanya. ***